Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Saham Unggulan - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah mengetahui istilah Saham Unggulan? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Saham Unggulan walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Dalam bidang finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Saham Unggulan yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Saham Unggulan biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Saham, Bursa Efek dan Harga.

Definisi Saham Unggulan

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

“Saham suatu perusahaan yang paling laku di bursa dan bernilai tinggi. Biasanya, perusahaan tersebut mempunyai reputasi yang baik yang ditandai dengan tingkat pertumbuhan laba yang tinggi.”

Simak penjelasan tentang Saham Unggulan lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Saham Unggulan.

Apa itu Saham Unggulan?

Saham suatu perusahaan yang paling laku di bursa dan bernilai tinggi biasanya, perusahaan tersebut mempunyai reputasi yang baik yang ditandai dengan tingkat pertumbuhan laba yang tinggi, pembayaran dividen yang lancar, mempunyai kualitas manajemen, produk, dan jasa yang baik. Saham unggulan disebut juga dengan istilah blue chips. Dahulu, istilah blue chips dipakai dalam perjudian chip atau koin yang bernilai paling tinggi biasanya diberi warna biru.

Keuntungan Saham Unggulan dalam Perusahaan

Saham unggulan mempunyai dua keuntungan yang bisa diperoleh oleh investor saham, sebagai berikut:

  1. Capital gain, yaitu keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual saham yang lebih tinggi dari harga belinya. Setiap investor saham mendapatkan keuntungan sesuai dengan besarnya saham yang dimiliki.
  2. Dividen, yaitu keuntungan yang diperoleh dari pembagian dividen tunai suatu emiten. Ini merupakan pendapatan tambahan yang diperoleh oleh investor bila membeli saham dari emiten yang memiliki kinerja pendapatan yang bagus.

Cari Istilah Keuangan

×