Saldo - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Saldo merupakan salah satu istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertian Saldo meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang didapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Saldo biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Akuntansi, Rekening dan Tabungan.

Definisi Saldo

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

"Selisih (antara uang yang masuk dan yang keluar); sisa."

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

"Perbankan: 1. cek dan wesel yang belum diajukan kepada bank tertarik untuk dibayarkan atau masih dalam proses penagihan; 2. jumlah keseluruhan fasilitas yang dimiliki pemegang kartu kredit bank, biasanya lebih kecil jumlahnya daripada jumlah fasilitas kartu seluruhnya sehubungan dengan adanya pembayaran-pembayaran oleh pemegang kartu; pasar keuangan: dana tak tertagih atau piutang, juga kewajiban yang tidak terbayar surat berharga modal saham perusahaan, saham yang diterbitkan dan dijual kepada investor dikurangi saham yang dibeli kembali oleh penerbit (saham jangka pendek/treasury stock) (outstanding)."

Simak penjelasan tentang Saldo lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Saldo.

Apa itu Saldo?

Saldo adalah jumlah tagihan yang belum dibayar. Istilah saldo juga dikenal di dunia perbankan, di mana saldo merujuk pada uang yang ada di dalam rekening. Sedangkan dalam kredit, saldo merujuk pada jumlah utang.

Istilah saldo biasanya sering dihubungkan dengan bank, sebagai Saldo Bank. Saldo bank sendiri berarti saldo rekening giro di bank menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Saldo bank juga sering disebut sebagai saldo rekening. Menurut Kamus Bank Indonesia, saldo rekening adalah jumlah yang ada pada akun setelah pembebanan biaya jasa penarikan, pendebitan dan pengkreditan setoran, hasil kliring penarikan cek yang dapat digunakan untuk rekonsiliasi dengan membandingkan laporan bank dengan buku/register cek; saldo rekening/saldo akun ini dalam perkreditan dikenal dengan istilah baki debit; sin. saldo akun (account balance).

Dalam akuntansi, saldo menunjukkan selisih antara total debit dan total kredit yang ada selama satu periode. Jika total debit melebihi total kredit, akun tersebut memiliki saldo debit. Sedangkan jika total kredit melebihi total debit, akun memiliki saldo kredit. Total debit harus sama dengan total kredit saat saldo percobaan ditarik, karena kalau berbeda (tidak balance), maka terjadi kesalahan.

Cari Istilah Keuangan

×