SP3K - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda dengan istilah SP3K? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang istilah SP3K meskipun mungkin kita pernah memakainya. Jika berbicara keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini definisi yang kita dapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai SP3K biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Pinjaman, Instrumen Kredit dan Angsuran Tetap.

Daftar Isi

  1. Definisi SP3K

Definisi SP3K

Definisi Menurut https://www.99.co/blog/indonesia/pentingnya-memaha

Apa itu SP3K? SP3K merupakan singkatan dari Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit yang berisi tentang berapa plafon yang diberikan, peruntukkan untuk beli rumah di mana, berapa bunganya, berapa lama jangka waktunya, hingga jumlah angsuran pembelian rumah tiap bulan. Biasanya SP3K baru akan keluar saat bank menyetujui pengajuan kredit rumah, umumnya paling lama bank mengeluarkan keputusan selama 14 hari kerja.

Definisi Menurut https://www.akseleran.co.id/blog/sp3k/

Fungsi SP3K Sesuai dengan namanya, SP3K berfungsi sebagai bukti persetujuan kredit di bank yang telah diterima, kalau sudah mendapat SP3K biasanya tidak lama KPR akan cair. Selain berfungsi sebagai surat bukti persetujuan kredit SP3K bisa digunakan sebagai jaminan apabila Anda membutuhkan dana pinjaman untuk biaya take over rumah atau untuk menebus Surat Hak Milik. Perlu diingat, biaya untuk take over rumah dikeluarkan oleh pribadi dan bukan bank.

Simak penjelasan tentang SP3K lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud SP3K.

Cari Istilah Keuangan

×