Surat Setoran Elektronik - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu istilah yang berhubungan dengan keuangan, yaitu Surat Setoran Elektronik. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti Surat Setoran Elektronik walaupun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan yang diperoleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai Surat Setoran Elektronik biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Dokumen, Pajak dan Wajib Pajak.

Definisi Surat Setoran Elektronik

Definisi Menurut

SSE : Surat Setoran Elektronik

Simak penjelasan tentang Surat Setoran Elektronik lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Surat Setoran Elektronik.

Apa itu Surat Setoran Elektronik?

Surat Setoran Elektronik merupakan pengembangan atau wujud elektronifikasi dari Surat Setoran Pajak (SSP). Sebagai wujud elektronifikasi dari SSP, SSE memiliki fungsi serta substansi isi yang sama dengan SSP.

SSP adalah bukti pembayaran atau penyetoran pajak yang dilakukan dengan menggunakan formulir atau telah dilakukan dengan cara lain ke kas negara melalui tempat pembayaran yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan.

SSE Pajak merupakan salah satu langkah Ditjen Pajak dalam modernisasi sistem administrasi perpajakan yang sebelumnya merupakan SSP Manual, dimana pengisian Surat Setoran Pajak dilakukan dengan tulisan tangan menggunakan pena dengan rangkap 4 [empat] atau bahkan diketik menggunakan mesin ketik.

SSP Manual yang telah bertransformasi menjadi SSE pengisiannya menggunakan sistem elektronik dan cukup hanya mencetak satu rangkap SSE saat melakukan penyetoran pembayaran pajak. Hal ini tentu semakin memudahkan wajib pajak untuk membayar pajak di mana saja, kapan saja, dan melalui media apa saja baik melalui internet banking, mesin ATM, mesin EDC, teller Bank atau Kantor Pos Persepsi bahkan aplikasi bayar pajak online. 

SSE mengakomodasi pembayaran seluruh jenis pajak selain PDRI yang administrasi pembayarannya dilakukan oleh Dirjen Bea Cukai, dan jenis pajak yang tata cara pembayarannya diatur secara khusus. Pembuatan SSE juga dapat mengakomodir mata uang selain Rupiah, yaitu Dollar Amerika Serikat (USD).

Cari Istilah Keuangan

×