Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

SWOT - Pengertian, Jenis dan Contohnya

SWOT merupakan istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang keuangan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang arti SWOT walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai keuangan, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini definisi yang diperoleh dari beberapa literatur. Pembahasan mengenai SWOT biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Analisis Kinerja , Pekerja Kantor dan Perusahaan.

Definisi SWOT

Definisi Menurut

SWOT : Singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Simak penjelasan tentang SWOT lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud SWOT.

Apa itu SWOT?

Sebuah analisis yang merupakan teknik perencanaan strategi untuk mengevaluasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek, baik yang sedang berlangsung maupun dalam perencanaan baru. 

Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah kisi-kisi yang sederhana.

Teknik analisa SWOT dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Manfaat Analisis SWOT

Untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, metode analisis SWOT aplikasinya adalah:

  • Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.
  • Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan.
  • Bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada.
  • Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Cari Istilah Keuangan

×