Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Tanda Terima - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Tanda Terima merupakan istilah yang berkaitan dengan bidang finansial. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Tanda Terima meskipun mungkin kita pernah menggunakannya. Kalau bicara mengenai finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Tanda Terima yang masih memiliki keterkaitan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Tanda Terima biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Faktur, Laporan Keuangan dan Bukti Transaksi.

Definisi Tanda Terima

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Surat sebagai pernyataan telah menerima uang (kuitansi) atau barang (faktur); bukti tertulis yang diterima nasabah atas suatu transaksi atau penyerahan sejumlah uang baik secara tunai atau dengan menggunakan sarana lain; lihat resi (receipt).

Simak penjelasan tentang Tanda Terima lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Tanda Terima.

Apa itu Surat Tanda Terima?

Surat tanda terima merupakan surat tanda bukti yang dikirimkan oleh perusahaan terkait penerimaan barang/jasa yang diberikan. Tujuan dari pemberian surat tanda terima adalah untuk memastikan bahwa barang/jasa telah diterima secara utuh oleh pihak pembeli, dan pihak penjual tidak perlu lagi memeriksa ulang kepada pihak jasa ekspedisi perihal keberadaan barang/jasa tersebut. Informasi yang terdapat di dalam surat tanda terima berisi seluruh detail transaksi yang dibutuhkan seperti nama barang/jasa, jumlah barang/jasa serta kepada siapa barang/jasa tersebut diterima.

Beberapa Contoh Surat Tanda Terima

  • Tanda Terima Produk
  • Tanda Terima Pelunasan Barang
  • Tanda Terima Dokumen Inventaris
  • Tanda Terima Pinjaman Barang
  • Tanda Terima Kendaraan Bekas

Cari Istilah Keuangan

×