Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Uang - Keuangan - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah Uang - Keuangan? Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Uang - Keuangan meskipun mungkin kita pernah menggunakannya atau menemuinya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan singkat yang diperoleh dari beberapa sumber. Pembahasan mengenai Uang - Keuangan biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Uang, Laporan Keuangan dan Laporan Keuangan Konsolidasi.

Definisi Uang - Keuangan

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

1. Upaya untuk menghimpun dana guna mendirikan usaha baru atau memperluas usaha, misalnya dengan menjual saham, obligasi, atau surat berharga, atau komposisi di antara ketiganya; 2. Pengetahuan teori dan praktik mengenai keuangan yang mencakup uang, kredit, perbankan, sekuritas, investasi, valuta asing, penjaminan emisi, kepialangan, trust, dan sebagainya; 3. penghimpunan dana yang dilakukan oleh pemerintah melalui penarikan pajak atau penerbitan obligasi, serta administrasi pendapatan dan belanja negara; kegiatan tersebut dikenal dengan istilah “keuangan Negara" (public finance) (finance).

Simak penjelasan tentang Uang - Keuangan lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Uang - Keuangan.

Apa itu Keuangan?

Keuangan adalah istilah untuk hal-hal yang berkaitan dengan manajemen, penciptaan, dan studi tentang uang dan investasi. Keuangan dapat secara luas dibagi menjadi tiga kategori, keuangan publik, keuangan perusahaan, dan keuangan pribadi. Ada banyak kategori spesifik lainnya, seperti keuangan perilaku, yang berupaya mengidentifikasi alasan kognitif (mis., Emosional, sosial, dan psikologis) di balik keputusan keuangan.

Dasar-Dasar Keuangan

Keuangan, sebagai cabang teori dan praktik yang berbeda dari ekonomi, muncul pada tahun 1940-an dan 1950-an dengan karya-karya Markowitz, Tobin, Sharpe, Treynor, Black, dan Scholes, untuk menyebutkan beberapa saja. Tentu saja, topik keuangan — seperti uang, perbankan, pinjaman, dan investasi — sudah ada sejak awal sejarah manusia dalam beberapa bentuk atau lainnya.

Saat ini, "keuangan" biasanya dipecah menjadi tiga kategori besar: Keuangan publik meliputi sistem pajak, pengeluaran pemerintah, prosedur anggaran, kebijakan dan instrumen stabilisasi, masalah utang, dan masalah pemerintah lainnya. Keuangan perusahaan melibatkan pengelolaan aset, kewajiban, pendapatan, dan utang untuk bisnis. Keuangan pribadi mendefinisikan semua keputusan keuangan dan kegiatan individu atau rumah tangga, termasuk penganggaran, asuransi, perencanaan hipotek, tabungan, dan perencanaan pensiun.

Keuangan Publik

Pemerintah membantu mencegah kegagalan pasar dengan mengawasi alokasi sumber daya, distribusi pendapatan, dan stabilisasi ekonomi. Pendanaan rutin untuk program-program ini sebagian besar dijamin melalui perpajakan. Meminjam dari bank, dan perusahaan asuransi serta mendapatkan dividen dari perusahaannya juga membantu membiayai pemerintahan.

Keuangan Perusahaan

Bisnis memperoleh pembiayaan melalui berbagai cara, mulai dari investasi ekuitas hingga pengaturan kredit. Suatu perusahaan dapat mengambil pinjaman dari bank atau mengatur jalur kredit. Memperoleh dan mengelola utang dengan tepat dapat membantu perusahaan berkembang dan menjadi lebih menguntungkan.

Keuangan Pribadi

Perencanaan keuangan pribadi umumnya melibatkan analisis posisi keuangan individu atau keluarga saat ini, memprediksi kebutuhan jangka pendek, dan jangka panjang, dan melaksanakan rencana untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam batasan keuangan individu. Keuangan pribadi sangat tergantung pada pendapatan seseorang, kebutuhan hidup, dan tujuan serta keinginan individu. Aspek terpenting dari keuangan pribadi meliputi:

  • Menilai status keuangan saat ini: arus kas yang diharapkan, tabungan saat ini, dll.
  • Membeli asuransi untuk melindungi dari risiko dan memastikan kedudukan materi seseorang aman
  • Menghitung dan mengajukan pajak
  • Tabungan dan investasi
  • Perencanaan pensiun

Cari Istilah Keuangan

×