Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Uang Panas - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah Uang Panas? Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang definisi Uang Panas meskipun mungkin kita pernah memakainya. Dalam pembahasan keuangan, istilah ini memiliki beberapa definisi. Berikut ini penjelasan singkat yang kita dapatkan dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Uang Panas biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Badan Pemeriksa Keuangan, Mata Uang dan Otoritas Jasa Keuangan.

Definisi Uang Panas

Definisi Menurut Otoritas Jasa Keuangan

Dana yang dikelola untuk tujuan spekulatif dan mendapatkan hasil yang tinggi dalam waktu yang singkat; dana tersebut akan berpindah mengikuti peminjam yang berani memberikan tingkat suku bunga yang tinggi; peminjam (misalnya bank) yang menggunakan dana ini harus berhati-hati karena dana tersebut dapat ditarik setiap saat jika pemilik dana mendapatkan tawaran dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi (hot money).

Simak penjelasan tentang Uang Panas lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Uang Panas.

Apa itu Uang Panas?

Uang panas merupakan istilah yang menandakan mata uang yang bergerak cepat dan teratur di antara pasar keuangan, yang memastikan investor mengunci suku bunga jangka pendek tertinggi yang tersedia. Uang panas terus bergeser dari negara-negara dengan tingkat bunga rendah ke negara-negara dengan tingkat bunga lebih tinggi. 

Transfer keuangan ini mempengaruhi nilai tukar dan berpotensi berdampak pada neraca pembayaran suatu negara. Uang panas juga dapat merujuk pada uang curian yang telah ditandai secara khusus, sehingga dapat dilacak dan diidentifikasi.

Uang panas tidak hanya terkait dengan mata uang di berbagai negara, tetapi juga dapat merujuk pada modal yang diinvestasikan dalam bisnis yang bersaing. Bank berusaha untuk mendapatkan uang panas dengan menawarkan sertifikat deposito jangka pendek dengan suku bunga yang lebih tinggi dari rata-rata. Jika bank menurunkan suku bunganya, atau jika lembaga keuangan saingan menawarkan suku bunga lebih tinggi, investor cenderung untuk memindahkan dana uang panas ke bank dengan menawarkan kesepakatan yang lebih baik.

Dalam konteks global, uang panas dapat mengalir antar ekonomi hanya setelah hambatan perdagangan dihilangkan dan infrastruktur keuangan yang canggih dibangun. Dengan latar belakang ini, uang mengalir ke area-area pertumbuhan tinggi yang menawarkan potensi pengembalian yang besar. Sebaliknya, uang panas mengalir dari negara-negara dan sektor ekonomi yang berkinerja buruk.

Cari Istilah Keuangan

×