Variabel - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Variabel merupakan salah satu istilah yang berkaitan dengan bidang keuangan. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang pengertian Variabel walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa arti. Berikut ini penjelasan yang kita peroleh dari beberapa referensi. Pembahasan mengenai Variabel biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Kendali Mutu, Biaya Variabel dan Inflasi.

Definisi Variabel

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sesuatu yang dapat dapat berubah-ubah, berbeda-beda, bermacam-macam (tentang mutu, harga, dan sebagainya)

Simak penjelasan tentang Variabel lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Variabel .

Apa itu Variabel?

Setiap data diperhitungkan dalam model ekonomi. Variabel ekonomi adalah setiap pengukuran yang membantu menentukan bagaimana suatu ekonomi berfungsi. Contohnya termasuk populasi, tingkat kemiskinan, inflasi, dan sumber daya yang tersedia.

Dua tipe variabel ekonomi dasar adalah yang pertama variabel independen: yang dapat mengambil nilai yang berbeda dan dapat menyebabkan perubahan yang sesuai dalam variabel lain, dan yang kedua adalah variabel dependen: yang dapat mengambil nilai yang berbeda hanya dalam menanggapi variabel independen.

Variabel Ekonomi Makro

Kita bisa memperhitungkan atau mengetahui denyut nadi aktivitas ekonomi suatu wilayah atau negara hanya dengan melihat enam variabel ekonomi utama, enam variabel ini memberikan bongkahan informasi yang sangat besar tentang ekonomi makro.

  • GDP riil
  • Tingkat pengangguran
  • Tingkat inflasi
  • Tingkat bunga
  • Tingkat pasar saham
  • Nilai tukar

Cari Istilah Keuangan

×