Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Wasiat - Pengertian, Jenis dan Contohnya

Wasiat merupakan salah satu istilah yang biasanya berkaitan dengan bidang finansial. Bisa jadi tak banyak yang mengetahui tentang definisi Wasiat walaupun mungkin kita pernah menggunakannya. Jika berbicara finansial, istilah ini memiliki beberapa definisi. Disini kita akan membahas Wasiat yang berhubungan dengan keuangan. Pembahasan mengenai Wasiat biasanya juga berkaitan dengan istilah lain, yaitu Harta, Agunan dan Asuransi.

Definisi Wasiat

Definisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pesan terakhir yang disampaikan oleh orang yang akan meninggal (biasanya berkenaan dengan harta kekayaan dan sebagainya)

Simak penjelasan tentang Wasiat lebih lanjut berikut ini agar kamu lebih paham mengenai apa yang dimaksud Wasiat.

Apa itu Wasiat?

Surat wasiat terakhir adalah dokumen hukum yang mengkomunikasikan keinginan terakhir seseorang yang berkaitan dengan aset dan tanggungan. Surat wasiat dan surat wasiat terakhir seseorang menguraikan apa yang harus dilakukan dengan harta benda, apakah orang yang meninggal akan menyerahkannya kepada orang lain, kelompok atau menyumbangkannya untuk amal, dan apa yang terjadi pada hal-hal lain yang menjadi tanggung jawabnya, seperti hak asuh orang yang ditanggung, dan manajemen akun dan minat.

Seseorang menulis surat wasiat ketika dia masih hidup, dan instruksinya dilaksanakan setelah individu tersebut meninggal. Surat wasiat menyebut orang yang masih hidup sebagai pelaksana warisan, dan orang tersebut bertanggung jawab untuk mengelola warisan tersebut. Pengadilan pengesahan hakim biasanya mengawasi pelaksana untuk memastikan bahwa dia melaksanakan keinginan yang ditentukan dalam surat wasiat.

Bagi pemilik lahan, surat wasiat merupakan dasar dari rencana dan merupakan instrumen utama yang digunakan untuk memastikan bahwa warisan tersebut diselesaikan dengan cara yang diinginkan oleh orang yang meninggal. Meskipun mungkin ada lebih banyak rencana  daripada sekadar surat wasiat, namun surat wasiat ini bisa menjadi dokumen ketua pengadilan wasiat yang digunakan untuk memandu proses penyelesaian sebuah lahan.

Aset apa pun yang belum ditetapkan oleh penerima manfaat, seperti polis asuransi jiwa atau rencana pensiun yang memenuhi syarat, tidak dimasukkan sebagai aset pengesahan hakim dan diteruskan langsung ke penerima manfaat.

Secara khusus, surat wasiat dan perjanjian terakhir memerintahkan pengadilan untuk mengatur semua aset, termasuk siapa yang akan menerimanya dan dalam jumlah berapa. Ini menetapkan pengaturan wali untuk tanggungan yang masih hidup dan menjelaskan keadaan khusus apa pun, yang mungkin termasuk perawatan anak berkebutuhan khusus atau orang tua yang lanjut usia.

Cari Istilah Keuangan

×