Cara Melakukan Setting Cash Drawer

Cash Drawer merupakan salah satu alat penunjang kegiatan retail yang berfungsi untuk menyimpan uang hasil transaksi penjualan. Cash drawer akan terbuka secara otomatis jika transaksi penjualan selesai dan mencetak nota dengan printer sebagai pemicunya.
Kelebihan mini printer (printer kasir / thermal printers) saat ini mempunyai koneksi ke Cash Drawer dengan konektor RJ-11 (kabel yang umumnya digunakan untuk saluran telepon kabel atau modem DSL) yang memungkinkan apabila selesai transaksi penjualan dan mulai mencetak nota, Cash Drawer akan terbuka secara otomatis.
Instalasi driver mini printer (printer kasir / thermal printers) ini sama seperti instalasi driver printer kebanyakan seperti Canon, HP ataupun Epson LX. Untuk driver kami rekomendasikan agar selalu menggunakan driver terbaru yang biasanya di support oleh perusahaan printer tersebut dan disediakan melaui websitenya.

Berikut urutan untuk instal Cash Drawer dengan mini printer (printer kasir / thermal printers):
  1. Pastikan koneksi Cash Drawer dengan mini printer (printer kasir / thermal printers) sudah tersambung dengan konektor RJ-11
  2. Buka Control Panel pada windows kemudian pilih Devices and Printers
  3. Klik kanan pada printer yang akan dihubungkan dengan Cash Drawer kemudian pilih Printing preferences
  4. Pilih tab menu Document Settings, kemudian pilih Cash Drawer. Pada kolom Cash Drawer #1 (2 Pins) pilih Open after priting seperti pada gambar berikut.


    Keterangan:
    Open before printing : Cash Drawer akan terbuka sebelum mencetak
    Open after printing : Cash Drawer akan terbuka setelah mencetak