Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Alur Tujuan Pembelajaran Desain Interior dan Teknik Furnitur dan Contoh ATP Fase F Kelas 11 dan 12 SMK

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) memiliki fungsi sebagai acuan perencanaan pembelajaran pada masing-masing mata pelajaran, termasuk mapel Desain Interior dan Teknik Furnitur yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Anda dapat mengunduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Desain Interior dan Teknik Furnitur Fase F Kelas 11 dan 12 SMK melalui link yang tertera di akhir artikel ini.

Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir Fase F peserta didik akan mendapatkan kompetensi di bidang Desain Interior dan Teknik Furnitur, dalam rangka menumbuhkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar.

Desain interior

Pada akhir Fase F peserta didik mampu membuat gambar denah, potongan, detail, interior hunian pribadi dan interior ruang publik/fasilitas publik, berdasarkan pembagian area, tata letak, aspek budaya, aspek arsitektural, elemen desain interior dan ergonomi dengan memperhatikan kearifan lokal dan budaya setempat secara manual dan dengan bantuan perangkat lunak (2D dan 3D).

Gambar kerja furnitur

Pada akhir Fase F peserta didik mampu membuat gambar tampak, potongan, detail furnitur secara manual dan dengan bantuan perangkat lunak (2D dan 3D), yang bisa diaplikasikan di mesin CNC.

Teknik pembuatan furnitur

Pada akhir Fase F peserta didik mampu melakukan proses pembahanan kayu masif, kayu olahan, serta bahan dan material baru lainnya dengan menggunakan mesin statis. Peserta didik mampu melakukan proses pembuatan komponen furnitur dengan perkakas tangan (hand tools), peralatan tangan listrik (portable), mesin listrik (mesin statis), mesin CNC, perakitan, pengejokan, dan asesoris. Semua pekerjaan dilakukan dengan menerapkan K3LH dan budaya kerja industri di lingkungan kerjanya.

Teknik finishing furnitur

Pada akhir Fase F peserta didik mampu mengerjakan finishing dengan bahan pelapis, finishing teknik oles, dan teknik semprot dengan tahap-tahap penyiapan permukaan komponen, penyesuaian warna dan pengerjaan finishing, dengan menerapkan K3LH dan budaya kerja industri di lingkungan kerjanya.

Estimasi biaya

Pada akhir Fase F peserta didik mampu membuat daftar komponen pekerjaan furnitur. Peserta didik mampu menghitung biaya pekerjaan yang terdiri dari biaya langsung (upah, alat, bahan) dan tak langsung (biaya umum, keuntungan) untuk pekerjaan interior hunian pribadi dan interior ruang publik/fasilitas publik, beserta furnitur di dalamnya secara mandiri.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Desain Interior dan Teknik Furnitur

Download Contoh ATP 1 Desain Interior dan Teknik Furnitur
Download Contoh ATP 1 Desain Interior dan Teknik Furnitur