Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Alur Tujuan Pembelajaran Instrumentasi dan Otomatisasi Proses dan Contoh ATP Fase F Kelas 11 dan 12 SMK

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) memiliki fungsi sebagai acuan perencanaan pembelajaran pada masing-masing mata pelajaran, termasuk mapel Instrumentasi dan Otomatisasi Proses yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Anda dapat mengunduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Instrumentasi dan Otomatisasi Proses Fase F Kelas 11 dan 12 SMK melalui link yang tertera di akhir artikel ini.

Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir fase F, peserta didik mampu melakukan perencanaan sistem instrumentasi, melaksanakan pengukuran besaran instrumentasi dan otomatisasi proses, memahami sistem kontrol terprogram instrumentasi dan otomatisasi proses, mengoperasikan DCS (Distributed Control System), melakukan kalibrasi peralatan instrumentasi dan otomatisasi proses, dan melakukan perawatan dan perbaikan instrumentasi dan otomatisasi proses.

Perencanaan sistem Instrumentasi

Pada akhir fase F, peserta didik mampu membuat gambar Teknik instrumentasi (instrument drawing); memahami sistem pemipaan instrumentasi; menginstalasi sistem kelistrikan instrumentasi; memahami process flow diagram dan piping and instrumentation drawing (P&ID).

Pengukuran besaran instrumentasi otomatisasi proses

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami pengukuran besaran proses.

Sistem kontrol terprogram instrumentasi dan otomatisasi proses

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami rangkaian elektronika analog dan digital pada sistem instrumentasi otomatisasi proses; memahami rangkaian kontrol digital menggunakan mikrokontroler; memahami kontrol digital menggunakan PLC.

Pengoperasian DCS (Distributed Control System)

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami protokol pada kontrol berbasis DCS; pemrograman function block diagram (FBD); memahami instalasi wiring komponen-komponen kontrol DCS; memahami kontrol proportional, integral, derivatif (PID) pada DCS.

Kalibrasi peralatan instrumentasi dan otomatisasi proses

Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengevaluasi kalibrasi alat ukur besaran proses; mengevaluasi kalibrasi peralatan instrumentasi.

Perawatan dan perbaikan instrumentasi dan otomatisasi proses

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menganalisis prinsip kerja kompresor dan pompa; melakukan perawatan dan perbaikan peralatan instrumentasi dan otomatisasi proses; melakukan perawatan dan perbaikan kalibrator; melakukan perawatan dan perbaikan macam-macam komponen sistem instrumentasi dan otomatisasi proses; melakukan perawatan dan perbaikan sistem pemipaan instrumentasi; melakukan perawatan dan perbaikan instalasi kelistrikan instrumentasi; mengevaluasi trouble shooting pada peralatan instrumen lapangan (field device).

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Instrumentasi dan Otomatisasi Proses

Belum ada