Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Alur Tujuan Pembelajaran Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi dan Contoh ATP Fase F Kelas 11 dan 12 SMK

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) memiliki fungsi sebagai acuan perencanaan pembelajaran pada masing-masing mata pelajaran, termasuk mapel Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Anda dapat mengunduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi Fase F Kelas 11 dan 12 SMK melalui link yang tertera di akhir artikel ini.

Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir fase F peserta didik akan mampu melakukan pengoperasian dan perawatan perkakas, sistem grounding dan catu daya, melakukan instalasi listrik sederhana, merangkai aplikasi sistem teknologi mikroprosesor, FTTx, VSAT, koneksi jaringan telekomunikasi, dan customer premise equipment.

Teknik Kerja Bengkel dan Kelistrikan

Pada akhir fase F peserta didik mampu menggunakan perkakas bidang telekomunikasi, melakukan perawatan dan pemeliharaan sistem grounding dan catu daya, serta melakukan instalasi listrik sederhana. Selain itu peserta didik mampu bekerjasama dengan tim, mendokumentasikan serta mempresentasikan cara pengoperasian perawatan penggunaan perkakas, sistem grounding dan catu daya serta melakukan instalasi listrik sederhana.

Sistem Komputer, Elektronika, dan Mikroprosesor

Pada akhir fase F peserta didik mampu memahami konsep sistem komputer, komunikasi data, mengembangkan pemrograman dasar, menerapkan komponen elektronika analog dan digital, serta mikroprosesor. Selain itu peserta didik dapat bekerja sama dalam tim, mendokumentasikan kegiatan, dan mempresentasikan hasil rangkaiannya.

FTTx

Pada akhir fase F peserta didik mampu memahami konsep dan implementasi konfigurasi jaringan FTTx, memahami prinsip propagasi gelombang cahaya pada jaringan fiber optik, melakukan instalasi, terminasi dan troubleshooting pada jaringan FTTx, melakukan pengukuran jaringan FTTx, serta perencanaan jaringan FTTx menggunakan perangkat lunak yang relevan. Selain itu peserta didik mampu bekerja sama dalam tim, mendokumentasikan serta mempresentasikan hasil instalasi, operasi, dan pemeliharaan FTTx.

VSAT

Pada akhir fase F peserta didik mampu memahami dan menerapkan konsep dan implementasi arsitektur sistem komunikasi satelit, jenis-jenis satelit dan orbit-orbit satelit, alokasi frekuensi komunikasi satelit, sifat dan karakteristik spektrum frekuensi komunikasi satelit. Selain itu, peserta didik mampu melakukan perhitungan EIRP, beam width dan link budget pada jaringan satelit, sistem dan prinsip antena serta Instalasi Indoor Unit dan Outdoor Unit, memahami konsep dan implementasi perencanaan instalasi stasiun bumi, analisis link budget, pointing antenna ground segment, monitoring performansi dan penggunaan alat ukur serta troubleshooting VSAT. Selain itu peserta didik mampu bekerja sama dalam tim, mendokumentasikan serta mempresentasikan hasil instalasi, operasi, dan pemeliharaan VSAT.

Koneksi Jaringan Telekomunikasi

Pada akhir fase F peserta didik mampu memahami, menerapkan, membedakan dan mengomunikasikan pengertian pengetahuan dasar kelistrikan, instalasi grounding, dan juga mampu memahami dan menerapkan sistem telekomunikasi radio, penggunaan antena. Selain itu peserta didik mampu bekerja sama dalam tim, mendokumentasikan serta mempresentasikan hasil perencanaan jaringan dengan menggunakan aplikasi dan melakukan drive test untuk melakukan pengecekan jaringan.

Customer Premise Equipment

Pada akhir fase F peserta didik mampu memahami, menerapkan konsep dan implementasi etika pelayanan terhadap pelanggan atau Code of Conduct (COC), melakukan tata kelola instalasi kabel premises di ODP Closure, instalasi dan setting parameter perangkat pelanggan fixed dan wireless. Selain itu, peserta didik mampu bekerja sama dalam tim, mendokumentasikan serta mempresentasikan hasil dari penggunaan alat ukur, wireless, pemeliharaan perangkat pelanggan, dan instalasi IDU serta ODU.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi

Download Contoh ATP 1 Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi
Download Contoh ATP 1 Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi