Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Alur Tujuan Pembelajaran Teknik Pembangkit Tenaga Listrik dan Contoh ATP Fase F Kelas 11 dan 12 SMK

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) memiliki fungsi sebagai acuan perencanaan pembelajaran pada masing-masing mata pelajaran, termasuk mapel Teknik Pembangkit Tenaga Listrik yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Anda dapat mengunduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Pembangkit Tenaga Listrik Fase F Kelas 11 dan 12 SMK melalui link yang tertera di akhir artikel ini.

Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir fase F peserta didik memiliki kompetensi teknik pembangkit tenaga listrik yang terdiri dari soft skills maupun hard skills sehingga mampu melaksanakan pekerjaan pada bidang ketenagalistrikan. Peserta didik mampu menerapkan instalasi listrik pemakaian sendiri (PS); memahami perangkat dan sistem pembangkit tenaga listrik; mengoperasikan dan memelihara mesin listrik pembangkit; mengoperasikan, memelihara instrumentasi dan kontrol pembangkit; mengoperasikan, memelihara dan menguji proteksi mesin pembangkit listrik; memasang dan memelihara pembangkit listrik tenaga surya; dan memahami serta mengoperasikan sistem pendingin dan pelumas.

Instalasi Listrik Pemakaian Sendiri (PS)

Meliputi penerapan peraturan dan pemasangan instalasi listrik pada pekerjaan instalasi listrik di pembangkit tenaga listrik dengan memperhatikan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) serta Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3).

Perangkat Pembangkit

Meliputi konsep konversi energi, jenis-jenis energi, prinsip dasar dalam sistem pembangkitan tenaga listrik, macam- macam turbin, siklus, peralatan utama dan pendukung, simbol komponen pembangkit listrik.

Mesin Listrik Pembangkit

Meliputi konsep dasar (mekanik dan elektrik), pengoperasian dan pemeliharaan peralatan listrik (motor listrik, generator, transformator, switchgear) dan peralatan mekanikal (pompa, turbin, kompresor, katup).

Instrumentasi dan Kontrol Pembangkit

Meliputi konsep dasar, pengoperasian dan pemeliharaan alat ukur sensor dan transduser (tekanan, aliran, temperatur, level), DC Power, sistem kendali berbasis elektromagnetik, sistem aktuator berbasis pneumatik dan hidrolik, sistem kendali PLC (Programmable Logic Control), DCS (Distributed Control System) dan SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition).

Proteksi Mesin Pembangkit Listrik

Meliputi konsep dasar, jenis-jenis gangguan dan akibatnya, macam - macam peralatan, pengoperasian, pemeliharaan dan pengujian proteksi peralatan elektrik (untuk transformator, motor, generator) dan proteksi untuk peralatan mekanik (overspeed, low level water, vacuum protection, pressure protection).

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Meliputi konsep konversi energi, sistem teknologi (panel surya, baterai, inverter, proteksi dan kontrol sistem), pemasangan dan pemeliharaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

Sistem Pendingin dan Pelumas

Meliputi konsep perpindahan energi panas, jenis- jenis, komponen, prinsip kerja sistem pendingin dan pengoperasian peralatan pendingin dan pelumas pada pembangkit tenaga listrik.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Download Contoh ATP 1 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik
Download Contoh ATP 1 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik