Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Alur Tujuan Pembelajaran Teknik Pemesinan Kapal dan Contoh ATP Fase F Kelas 11 dan 12 SMK

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) memiliki fungsi sebagai acuan perencanaan pembelajaran pada masing-masing mata pelajaran, termasuk mapel Teknik Pemesinan Kapal yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Anda dapat mengunduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Pemesinan Kapal Fase F Kelas 11 dan 12 SMK melalui link yang tertera di akhir artikel ini.

Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir fase F peserta didik memahami Pekerjaan Mesin Perkakas, Pembentukan Pelat dan Pipa Kapal, Pemasangan Penggerak Kapal, dan Pekerjaan Mesin Fluida.

Pekerjaan Mesin Perkakas

Pada akhir fase F, peserta didik mampu melaksanakan pekerjaan mesin perkakas konvensional tingkat dasar (pembubutan, pengefraisan dan penggerindaan benda kerja) dan non konvensional tingkat dasar (penulisan program dan pengoperasian mesin bubut CNC, penulisan program dan pengoperasian mesin frais CNC).

Pembentukan Pelat dan Pipa Kapal

Pada akhir fase F, peserta didik mampu melaksanakan pekerjaan plat dan pipa antara lain: penandaan pada pelat secara manual (manual marking), penandaan dengan frame marker (paper tape), pemotongan pelat dan pipa dengan peralatan mekanis dan pemotongan panas secara manual, penandaan pipa, pemasangan sistem pipa dan katup.

Pemasangan Penggerak Kapal

Pada akhir fase F, peserta didik mampu melaksanakan pemasangan pondasi dan penggerak kapal antara lain: Pemasangan pondasi pesawat bantu, pesawat bantu dan motor pokok (main engine installation), pemasangan dan pengecoran chockfast pada pondasi motor pokok, dan pengencangan holding down bolt pada motor pokok.

Pekerjaan Mesin Fluida

Pada akhir fase F, peserta didik mampu melaksanakan perawatan dan pengoperasian peralatan pneumatik dan hidrolik.

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Pemesinan Kapal

Download Contoh ATP 1 Teknik Pemesinan Kapal
Download Contoh ATP 1 Teknik Pemesinan Kapal