Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Alur Tujuan Pembelajaran Teknik Penyempurnaan Tekstil dan Contoh ATP Fase F Kelas 11 dan 12 SMK

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) memiliki fungsi sebagai acuan perencanaan pembelajaran pada masing-masing mata pelajaran, termasuk mapel Teknik Penyempurnaan Tekstil yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Anda dapat mengunduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Penyempurnaan Tekstil Fase F Kelas 11 dan 12 SMK melalui link yang tertera di akhir artikel ini.

Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir fase F peserta didik mampu memahami persiapan penyempurnaan tekstil, pencelupan, pencapan, dan penyempurnaan khusus.

Persiapan Penyempurnaan Tekstil

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami persiapan proses (preparation), pembakaran bulu (singeing), penimbangan zat, penghilangan kanji (desizing), dan pemasakan kain (scouring). Peserta didik juga mampu memahami proses pengelantangan (bleaching), merserisasi kain (mercerizing), pemantapan panas (heat setting), pengurangan berat kain (weight reduction), dan analisa air dan limbah.

Pencelupan

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami identifikasi zat warna, proses tandingan warna (colour matching), dan pencelupan bahan tekstil (dyeing).

Pencapan

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami pembuatan desain gambar, pembuatan kasa bermotif, pembuatan pengental dan pasta cap, pencapan kasa (screen printing), fiksasi, dan pengujian hasil pewarnaan.

Penyempurnaan Khusus

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami proses penyempurnaan penganjian, penyempurnaan resin (resin finish), dan penyempurnaan krep. Peserta didik memahami proses antimengkeret (sanforising), setting lebar (tentering), penyetrikaan kain (calendering), pelipatan dan penggulungan kain (folding and rolling), dan penyelesaian akhir (making up).

Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Teknik Penyempurnaan Tekstil

Belum ada