Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Agribisnis Rumput Laut dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Agribisnis Rumput Laut SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Agribisnis Rumput Laut selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata pelajaran Agribisnis Rumput Laut merupakan mata pelajaran yang membekali peserta didik agar memiliki kemampuan teknis di bidang agribisnis rumput laut. Mata pelajaran ini melatih peserta didik melakukan pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan dan pengelolaan pasca panen, pengolahan dan diversifikasi produk olahan rumput laut, pengelolaan limbah sampai dengan pemasaran rumput laut dan produk hasil olahan rumput laut termasuk kemampuan dalam pengadministrasian sehingga mampu dalam menerapkan proses bisnis di bidang rumput laut.

Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran pada kurikulum merdeka yang dipelajari di fase F. Sebelum mempelajari mata pelajaran ini peserta didik telah memahami dan memiliki passion dan vision tentang agribisnis rumput laut yang sebelumnya telah dipelajari dalam mata pelajaran dasar-dasar program keahlian di fase E, dengan demikian peserta didik akan dapat mengimplementasikan seluruh capaian di mata pelajaran ini dengan lebih optimal.

Pembelajaran ini dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang dipelajari, di mana dalam pembelajarannya tercipta pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, perkembangan fisik dan psikologis peserta didik serta adaptif dalam penerapan teknologi yang sedang berkembang. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain project-based learning, teaching factory, discovery-based learning, problem-based learning, inquiry-based learning, atau model lainnya serta metode yang relevan.

Setelah mempelajari mata pelajaran ini peserta didik konsentrasi keahlian Agribisnis Rumput Laut diharapkan dapat melakukan pengembangan usaha di bidang agribisnis rumput laut dan/atau dapat berkiprah di dunia kerja sesuai tuntutan dan kebutuhan industri agribisnis rumput laut. Pembelajaran pada mata pelajaran Agribisnis Rumput Laut dapat berkontribusi dalam mengembangkan kemampuan peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila di mana peserta didik diharapkan tumbuh menjadi insan yang berakhlak mulia terhadap sesama dan alam, bernalar kritis, mandiri, kreatif, komunikatif dan adaptif terhadap lingkungan.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan soft skills yang meliputi tanggung jawab, kemandirian, jujur, disiplin, kreatif, kemampuan menyelesaikan masalah dan hard skills melalui proses pembelajaran sebagai berikut:
1. menghasilkan produk-produk di bidang rumput laut yang bermutu dalam bentuk bibit, rumput laut siap panen, rumput laut kering, produk setengah jadi, produk hasil olahan pangan dan non pangan;
2. menerapkan pengelolaan limbah pada budi daya rumput laut dan pengolahan rumput laut;
3. menerapkan pemasaran rumput laut dan produk olahan rumput laut; dan
4. menerapkan proses bisnis secara menyeluruh dan perkembangan teknologi di bidang agribisnis rumput laut.

Karakteristik

Mata pelajaran ini berfokus pada penguasaan kompetensi yang bersifat khusus yang harus dimiliki oleh peserta didik sebagai agripreneur di bidang rumput laut dan/atau bekerja di industri rumput laut sesuai dengan perkembangan dunia kerja.

Mata pelajaran ini memiliki komponen pengetahuan fakta, konsep, prosedural dan metakognitif terkait dalam hal pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan dan pengelolaan pasca panen, pengolahan dan diversifikasi produk olahan rumput laut, penanganan limbah, pemasaran rumput laut dan produk olahan rumput laut, serta pengadministrasian kegiatan agribisnis rumput laut dalam usaha pengembangan usaha.

Pemahaman jenis dan karakteristik rumput laut sangat mempengaruhi teknik dan metode yang tepat untuk digunakan pada kegiatan budi daya rumput laut sebagai dasar penentuan pembibitan, pemeliharaan, panen dan pasca panen hingga pengolahan rumput laut, sehingga dapat mencapai hasil produksi yang optimal. Produk akhir dari kegiatan mata pelajaran Agribisnis Rumput Laut berupa bibit rumput laut, rumput laut siap panen, rumput laut kering, produk setengah jadi, produk hasil olahan pangan dan non pangan di mana dalam semua kegiatannya menerapkan prinsip Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH). Selain itu, juga adanya penerapan teknologi dan inovasi sehingga yang dihasilkan adalah beragam produk yang bermutu.
Mata pelajaran ini terdiri dari 9 elemen berikut.