Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Animasi dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Animasi SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Animasi selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata pelajaran Animasi merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki dalam penguasaan keahlian dalam bidang Animasi, yang berfungsi untuk menajamkan keahlian kerja, kepekaan kualitas karya, dan penguasaan terhadap suatu proses kerja produksi yang berorientasi terhadap kecakapan dan kecepatan kerja yang terukur.

Peserta didik diarahkan untuk mengamati kasus per kasus dalam setiap proyek kerja produksi, melakukan eksplorasi atau eksperimen untuk menemukan alur kerja produksi yang lebih baik, sehingga terbangun mentalitas kerja secara prosedural, jam kerja yang lebih matang serta membangun nilai-nilai baru secara mandiri.

Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, rencana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Model-model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain Project-based Learning, Teaching Factory, Discovery learning, Problem-based Learning, Inquiry Learning, atau model lainnya serta metode yang relevan.

Mata pelajaran Animasi berkontribusi dalam membangun kemampuan melakukan tugas spesifik peserta didik dengan menguasai keahlian di bidang animasi dengan memegang teguh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia terhadap manusia dan alam, bernalar kritis, mandiri, kreatif, komunikatif, dan adaptif terhadap lingkungan sebagai bagian dari profil pelajar Pancasila.

Tujuan Pembelajaran

Rangkaian mata pelajaran Animasi bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, sikap (soft skills dan hard skills) pada kemampuan produksi animasi secara spesifik yang meliputi:

1. mengaplikasikan pekerjaan pada keahlian Gerak (animation);
2. mengaplikasikan pekerjaan pada keahlian Visual (asset creation); dan
3. mengaplikasikan pekerjaan pada keahlian Editorial (visual storytelling).

Adapun beban pembelajaran dari 3 rangkaian tersebut bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan, dengan output dapat menghasilkan portofolio karya dan mempunyai keahlian yang diinginkan oleh mitra dunia kerja pada setiap satuan pendidikan masing-masing.

Karakteristik

Mata pelajaran Animasi berfokus pada kemampuan teknis produksi yang harus dimiliki oleh pelajar SMK terkait keahlian gerak (animation), visual (asset creation), dan editorial (visual storytelling) pada bidang kerja 2D (dua dimensi) maupun 3D (tiga dimensi) sesuai output yang diinginkan oleh mitra dunia kerja.
Elemen dan deskripsi elemen pada mata pelajaran Animasi adalah sebagai berikut.


Keterangan:
1. Beban pembelajaran per setiap elemen dapat disesuaikan porsinya dengan kompetensi keahlian yang dituntut dari mitra Dunia Kerja pada setiap satuan pendidikan.
2. Pemilihan Teknik Produksi (2D/3D) disesuaikan dengan kompetensi keahlian yang dituntut dari mitra Dunia Kerja pada setiap satuan pendidikan.
3. Elemen dan capaian pembelajaran dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan kompetensi keahlian yang dituntut dari mitra Dunia Kerja pada setiap satuan pendidikan.