Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Bisnis Digital dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Bisnis Digital SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Bisnis Digital selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Bisnis Digital merupakan salah satu mata pelajaran pada program keahlian pemasaran. Bisnis digital merupakan segala jenis usaha, di mana penjualan produk atau jasanya dilakukan secara daring atau online, baik itu melalui website maupun aplikasi. Mata pelajaran ini memuat kompetensi-kompetensi yang digunakan untuk berkarir di dunia industri saat ini, baik bekerja pada pihak lain, berwirausaha secara mandiri, maupun sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan kejuruannya.

Selain itu, mata pelajaran ini berkontribusi untuk menunjang kompetensi dari lulusan yang akan berkarir di bidang digital entrepreneur, content writer, social media specialist, digital marketing, staff merchandising, customer service online, dan staff purchasing. Untuk mendukung karir tersebut peserta didik pada Fase F harus kompeten dalam bidang ekonomi bisnis dan administrasi umum, marketing, perencanaan bisnis, komunikasi bisnis, digital branding, digital onboarding, digital marketing, dan digital operation.

Pembelajaran dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, serta metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang cukup bagi inisiatif, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, passion, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan, antara lain Project-based Learning (PjBL), Problem-based Learning (PBL), Discovery Learning (DL), Inquiry Learning (IL), Teaching Factory, serta model-model lainnya yang relevan.

Mata pelajaran ini tidak semata-mata dimaksudkan untuk memenuhi kompetensi hard skill saja, akan tetapi juga menghasilkan insan Indonesia yang memiliki kemandirian, cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetik, kreatif, bekerja sama, dan bertanggung jawab.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran ini bertujuan menghasilkan peserta didik yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan (soft skills dan hard skills), yang meliputi:
1. memahami ekonomi bisnis dan administrasi umum;
2. memahami marketing;
3. melakukan perencanaan bisnis;
4. melaksanakan komunikasi bisnis;
5. melakukan digital branding;
6. mengaplikasikan digital onboarding;
7. mengaplikasikan digital marketing; dan
8. mengaplikasikan digital operation.

Karakteristik

Mata pelajaran ini berfokus pada penguasaan kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga bisnis digital atau jabatan lain sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.
Mata pelajaran bisnis digital diuraikan dalam beberapa elemen berikut.