Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Pemasaran dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Dasar-dasar Pemasaran SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Pemasaran selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Pemasaran merupakan bagian terpenting yang turut menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Pemasaran adalah proses berkomunikasi dengan pelanggan untuk membujuk mereka agar membeli produk atau layanan yang dijual, sedemikian eratnya kaitan bisnis dengan pemasaran, sehingga untuk memahami seluk-beluk bisnis dan pemasaran diperlukan pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan ilmu dasar-dasar bisnis dan pemasaran (basic marketing).

Mata pelajaran Dasar-dasar Pemasaran merupakan mata pelajaran kejuruan terdiri atas berbagai ilmu dasar sebagai pendukung dalam mempelajari mata pelajaran lain, berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki dasar yang kuat dalam mempelajari mata pelajaran pada konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII.

Lingkup mata pelajaran Dasar-dasar Pemasaran meliputi pemahaman secara utuh dan menyeluruh tentang prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan dalam bekerja, menangani keadaan darurat dan mempertahankan standar penampilan pribadi, berkomunikasi dengan target pelanggan offline maupun online, memiliki pengetahuan dasar pemasaran barang dan jasa baik offline maupun online, melaksanakan pelayanan pelanggan, mengidentifikasi perilaku konsumen dalam pembelian barang/jasa serta dapat mewujudkan kepuasan pelanggan (customer satisfaction).

Masing-masing materi memuat a) soft skills, antara lain berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, serta kerjasama; b) hard skills, yaitu penguasaan kompetensi spesifik sesuai dengan pekerjaan di dunia kerja; dan c) integritas, yaitu jujur, pekerja keras, menginspirasi, sehat, akhlak mulia, bertanggung-jawab, cinta Indonesia, keterampilan untuk hidup mandiri, sebagai bagian di Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan belajar mata pelajaran Dasar-dasar Pemasaran adalah untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills) sebagai berikut:
1. Memahami proses bisnis berbagai industri terkait bidang pemasaran;
2. Memahami perkembangan penerapan teknologi yang diterapkan dan isu-isu global terkait dunia pemasaran;
3. Memahami wawasan pekerjaan/profesi, pelaku wirausaha (entrepreneur), dan peluang usaha/bekerja di bidang pemasaran;
4. Memahami dan menerapkan teknik dasar proses pemasaran, berdasarkan prinsip pelayanan prima dengan penuh percaya diri pada bidang pemasaran;
5. Mengenal praktik proses pemasaran yang diaplikasikan dalam dunia usaha dan jasa;
6. Melaksanakan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja, menangani keadaan darurat dan mempertahankan standar penampilan pribadi;
7. Memahami aktivitas retail.

Karakteristik

Mata pelajaran Dasar-dasar Pemasaran memiliki elemen materi sebagai berikut: proses bisnis di bidang pemasaran, wawasan perkembangan bidang pemasaran, entrepreneurship dan job profile di bidang pemasaran, teknik dasar proses pemasaran, prosedur keselamatan dan kesehatan dalam bekerja, dasar-dasar pemasaran barang dan jasa, perilaku konsumen, pelayanan pelanggan dan kepuasan pelanggan.

Pengembangan soft skills pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran sangat penting sebagai pembekalan dasar di dalam membangun etos kerja, meliputi: komunikasi, critical thinking, kolaborasi, dan kreativitas. Mata pelajaran Dasar-dasar Pemasaran merupakan fondasi dalam pemodelan, implementasi, dokumentasi ilmu dalam bidang pemasaran, dan melayani pelanggan.

Pada awal pembelajaran peserta didik dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja yang dapat dimasuki setelah lulus, dan konsentrasi- konsentrasi keahlian yang dapat dipelajari pada kelas XI dan XII, untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas melalui berbagai aktivitas antara lain sebagai berikut: kasir, wiraniaga, sales executive, merchandiser, social media marketing, digital marketing staff, influencer, content writer, public relation, entrepreneur dll, maka kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui:
1. Pembelajaran di kelas;
2. Pembelajaran di laboratorium/ruang praktik offline (toko) di sekolah;
3. Proyek sederhana;
4. Berinteraksi dengan alumnus atau praktisi industri;
5. Berkunjung pada industri yang relevan (ritel maupun e-Commerce/ marketplaces);
6. Pencarian informasi melalui media digital;
7. Seminar dunia pemasaran, workshop peningkatan kualitas dan pengembangan diri.
Tahapan internalisasi soft skills ini membutuhkan porsi waktu dominan (75%) dari alokasi waktu yang tersedia di kelas X, sebelum mempelajari aspek hard skills sebagaimana tercantum pada elemen mata pelajaran.

Pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran berbasis projek (project-based learning), discovery learning, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), atau inquiry learning serta metode antara lain ceramah, tanya jawab, diskusi, observasi, peragaan atau demonstrasi yang dipilih berdasarkan karakteristik materi. Penilaian meliputi aspek pengetahuan melalui tes dan non tes, sikap melalui observasi, catatan kejadian menonjol (anecdotal record), penilaian antar teman, dan penilaian diri serta keterampilan melalui penilaian proses, produk, portofolio dan studi kasus. Pembelajaran Dasar-dasar Pemasaran dapat dilakukan secara sistem blok disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari.