Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Teknik Perminyakan dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Dasar-dasar Teknik Perminyakan SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Teknik Perminyakan selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Dasar-dasar Teknik Perminyakan adalah mata pelajaran yang berisi materi yang mendasari penguasaan keahlian teknik perminyakan yang diperlukan dalam pengelolaan perminyakan secara kompeten. Pengelolaan sumber daya alam khususnya minyak dan gas bumi memerlukan sumber daya manusia yang kompeten. Sumber daya manusia yang kompeten tersebut harus dipersiapkan dan dirancang secara sistematis melalui pendidikan dan latihan yang komprehensif. sehingga diperoleh sumber daya manusia yang kreatif, mandiri, dan mampu bekerja sama dalam team yang solid dan bertanggung jawab.

Industri Perminyakan merupakan industri yang padat modal, padat teknologi dan beresiko tinggi sehingga membutuhkan para pekerja yang berkompeten di bidang tersebut serta sangat memperhatikan penerapan prosedur Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) untuk menghasilkan produk berupa minyak dan gas bumi yang dijadikan sebagai sumber energi utama dan juga produk - produk sekunder minyak bumi seperti bahan-bahan petrokimia, peralatan kantor dan perabot rumah tangga, karet sintetis dll. Para pekerja di Industri perminyakan harus mempunyai pengetahuan yang baik tentang perminyakan dan K3.
Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Perminyakan diharapkan dapat menumbuhkan motivasi yang kuat terhadap peserta didik untuk mengembangkan minatnya dan mengenal lingkungan kerja di bidang perminyakan. Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk saat ini merupakan salah satu sumber energi utama yang pemakaiannya masih sangat dibutuhkan, akan tetapi minyak dan gas bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan keberadaannya kian sulit dijangkau sehingga memerlukan teknologi yang lebih maju, untuk itu tantangan di masa depan pada industri ini adalah mengembangkan energi yang dapat diperbaharui misalnya pengembangan Bahan Bakar Nabati (BBN) biohidrokarbon dari minyak kelapa sawit.
Mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Perminyakan berfungsi untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dari eksplorasi migas, pemboran migas dan produksi migas sampai dengan pengolahan migas dan petrokimia.
Dasar-dasar Teknik Perminyakan meliputi: kegiatan pemboran secara teknis membuat lubang dengan aman sampai menembus lapisan jebakan minyak atau gas. Kegiatan Produksi dimulai setelah pemboran mencapai target pemboran (jebakan minyak), maka sumur perlu dipersiapkan untuk dikomplesi tujuannya untuk memproduksikan fluida hidrokarbon ke permukaan. Kegiatan pengolahan migas adalah mengubah minyak mentah (Crude Oil) untuk menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM), bahan petrokimia atau bahan-bahan lainnya.

Tujuan Pembelajaran

Mata Pelajaran Dasar–dasar Teknik Perminyakan bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) meliputi:
1. Memahami proses bisnis di bidang Teknik Perminyakan;
2. Memahami perkembangan Teknologi dan isu-isu global terkait industri Perminyakan;
3. Memahami profesi dan kewirausahaan (job-profile dan technopreneurship) serta peluang usaha di industri perminyakan;
4. Memahami tahapan kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi;
5. Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan Hidup (K3LH) di lingkungan kerjanya;
6. Memahami proses mobilisasi/demobilisasi, moving, rig-up/rig-down dan melakukan pasang dan cabut pipa pemboran;
7. Memahami proses pembuatan sumur produksi dan proses separasi fluida reservoir;
8. Melakukan pengukuran level dan perhitungan minyak dalam tangki timbun dari hasil olahan kilang.

Karakteristik

Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Perminyakan merupakan fondasi dari pengetahuan bagaimana minyak dan gas itu terdapat, cara mencari keberadaannya, mendapatkannya, dan mengolah fluida hidrokarbon untuk menjadi produk yang diinginkan. Pada awal pembelajaran peserta didik dikenalkan pada lapangan kerja, jabatan kerja setelah lulus dari program keahlian di satuan pendidikan, dan konsentrasi yang dapat dipelajari pada kelas XI dan XII untuk menumbuhkan passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas melalui:
1. Pembelajaran di kelas;
2. Pembelajaran di laboratorium;
3. Projek sederhana;
4. Berinteraksi dengan alumni yang sudah berkarir dan praktisi industri;
5. Berkunjung ke industri yang relevan;
6. Pencarian informasi melalui media digital.
Tahap ini membutuhkan porsi dominan (75%) untuk pengembangan soft skills pada pembelajaran sebelum mempelajari aspek hard skills sebagaimana tercantum pada elemen mata pelajaran.

Perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan yang dicapai. Pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran berbasis projek (project-based learning), discovery learning, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), atau inquiry learning serta metode antara lain ceramah, tanya jawab, diskusi, observasi, peragaan atau demonstrasi yang dipilih berdasarkan karakteristik materi. Penilaian meliputi aspek pengetahuan melalui tes dan non - tes, aspek sikap melalui observasi, catatan kejadian menonjol (anecdotal record), penilaian antar - teman, dan penilaian diri serta aspek keterampilan melalui penilaian proses, produk, portofolio dan studi kasus. Pembelajaran Dasar-dasar Teknik Per dapat dilakukan secara sistem blok (block system) disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari.