Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Desain Dan Teknik Furnitur dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Desain Dan Teknik Furnitur SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Desain Dan Teknik Furnitur selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Desain dan Teknik Furnitur adalah kegiatan proses pembuatan furnitur mulai dari perencanaan, proses pembuatan dan finishing. Pembuatan furnitur dilakukan secara massal mekanis dengan cepat dan murah, yang menggunakan kayu masif, kayu olahan serta bahan/material baru lainnya, dan bagaimana menyajikan furnitur yang tepat dalam sebuah ruangan, untuk menjawab isu kemajuan teknologi dalam memenuhi kesejahteraan umat manusia dan lingkungan tempat tinggalnya.

Desain dan Teknik Furnitur adalah mata pelajaran pendalaman dan perluasan dari Dasar-dasar Teknik Furnitur Kejuruan yang meliputi gambar furnitur, estimasi biaya furnitur, teknik pembuatan furnitur, dan teknik finishing.

Pendekatan pembelajaran pada Konsentrasi Keahlian Desain dan Teknik Furnitur disampaikan melalui berbagai model pembelajaran, antara lain: model pembelajaran Project Based learning (PjBL) atau Problem Based Learning (PBL) yang dipilih berdasarkan tujuan dan karakteristik materi pembelajaran, untuk memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration).

Mata pelajaran Desain dan Teknik Furnitur berkontribusi dalam memampukan peserta didik menjadi warga negara yang menguasai keahlian teknik furnitur yang dapat mengejawantahkan profil pelajar Pancasila, khususnya kemampuan bernalar kritis, jujur, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan peduli terhadap lingkungan.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Desain dan Teknik Furnitur bertujuan membekali peserta didik dengan hard skills dan soft skills sebagai berikut:
1. membuat gambar furnitur;
2. menganalisis estimasi biaya furnitur;
3. melaksanakan pembuatan furnitur; dan
4. melaksanakan finishing furnitur.

Karakteristik

Mata Pelajaran Desain dan Teknik Furnitur berisi materi pembelajaran tentang kemampuan lanjutan pekerjaan furnitur guna mengaktualisasi pra-rencana furnitur yang dituangkan pada teknik furnitur, meliputi: gambar furnitur, estimasi biaya furnitur, teknik pembuatan furnitur, dan teknik finishing.
Mata pelajaran Desain dan Teknik Furnitur terdiri atas elemen-elemen sebagai berikut.