Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Ekowisata dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Ekowisata SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Ekowisata selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Ekowisata merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi ekowisata pada konsentrasi keahlian Usaha Layanan Pariwisata. Mata pelajaran Ekowisata berfokus pada wawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat lokal, aspek pembelajaran, dan pendidikan. Mata pelajaran ini berisi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam penguasaan kompetensi-kompetensi ekowisata di bidang Pariwisata. Softskills yang dimiliki peserta didik pada mata pelajaran ini, antara lain memiliki kemampuan komunikasi, kepercayaan diri, peduli kelestarian alam, hidup mandiri, menghargai sesama, dan memiliki karakter hospitality. Peserta didik juga diharapkan minimal menguasai bahasa Inggris dan bahasa asing pilihan lainnya sebagai syarat untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja muda Indonesia. Hardskills yang dimiliki peserta didik pada mata pelajaran ini, antara lain memiliki keterampilan merencanakan dan mengemas perjalanan ekowisata, menghitung biaya perjalanan ekowisata, mengoordinasikan dan mengoperasikan perjalanan ekowisata, kepemanduan ekowisata dan pemasaran digital ekowisata. Peserta didik pada mata pelajaran Ekowisata diharapkan memiliki keterampilan tambahan dalam membangun jaringan usaha dan dasar-dasar SEO (Search Engine Optimizer) untuk penggunaan aplikasi media sosial maupun media bisnis digital. Mata pelajaran ini memuat kompetensi profesional untuk membekali tamatan menjadi pekerja pada bidang kepemanduan ekowisata, melanjutkan sesuai keahliannya, dan/atau sebagai wirausaha sesuai bidangnya.

Mata pelajaran ini bermanfaat untuk: a) membekali dan menumbuhkan sikap, pengetahuan dan keterampilan tentang perencanaan dan pengelolaan perjalanan ekowisata sebagai kebanggaan peserta didik dalam upaya untuk memelihara lingkungan sekaligus meningkatkan ekonomi daerah tujuan ekowisata di Indonesia; b) memberikan sarana pembelajaran yang kontekstual sesuai dengan perkembangan teknologi yang digunakan di dunia kerja; c) membangun pengetahuan tentang kepemanduan ekowisata; d) mengembangkan kreativitas dan inovasi peserta didik; dan e) menyiapkan peserta didik untuk mendapatkan pengakuan dalam bentuk sertifikat kompetensi dan produktivitas atau kinerja dari dunia kerja.

Secara umum proses pembelajaran Ekowisata menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik dan proses pembelajaran didasarkan pada kebutuhan dan minat peserta didik. Peserta didik yang akan berkecimpung di dunia ekowisata diharapkan memiliki kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi praktisi pariwisata handal, berkualitas, profesional dan berdaya saing sebagai perencana dan penyelenggara serta kepemanduan ekowisata. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode (ceramah dan tanya jawab, diskusi, observasi, peragaan atau demonstrasi) dan model pembelajaran berbasis projek, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran di luar kelas, dan live in.

Mata pelajaran ini membuka wawasan peserta didik untuk siap sebagai sumber daya yang ahli pada kepemanduan dan pengelolaan perjalanan ekowisata yang memiliki nalar kritis, kreatif dan adaptif dengan alam nyata sebagai wujud manusia abad 21. Peserta didik diharapkan menjadi profil pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif serta berbudaya kerja yang positif.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Ekowisata bertujuan membekali peserta didik dengan kemampuan soft skills dan hard skills sehingga peserta didik mampu:
1. merencanakan dan mengemas perjalanan ekowisata;
2. menghitung biaya perjalanan ekowisata;
3. mengoordinasikan dan mengoperasikan perjalanan ekowisata;
4. melakukan kepemanduan ekowisata; dan
5. memasarkan ekowisata secara digital.

Karakteristik

Mata pelajaran Ekowisata mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan, pengetahuan yang kuat tentang destinasi ekowisata dan sikap dalam melakukan pelayanan prima. Mata pelajaran ini mengembangkan kemampuan peserta didik untuk merencanakan dan mengemas perjalanan ekowisata, menghitung biaya perjalanan ekowisata, mengoordinasikan dan mengoperasikan perjalanan ekowisata, kepemanduan ekowisata, dan pemasaran digital ekowisata.
Elemen dan deskripsi pada mata pelajaran Ekowisata dijelaskan sebagai berikut.