Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Electrical Avionic dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Electrical Avionic SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Electrical Avionic selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Electrical Avionic adalah mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan kompetensi keahlian perbaikan dan perawatan electrical avionic pesawat udara. Kompetensi yang harus dimiliki adalah dapat melaksanakan tugas spesifik melalui penggunaan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta pemecahan masalah sesuai dengan bidang electrical avionic.

Mata pelajaran ini juga merupakan pendalaman pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran Konsentrasi Keahlian Electrical Avionicdi fase Funtuk memahami isu-isu penting terkait dengan teknologi manufaktur, perawatan dan pemeliharaan, kewirausahaan serta karir akademik dalam bidang electrical avionic sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Materi ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking). Kemampuan logika dan teknologi digitaldigunakan sebagai cara berpikir untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah, dan/atau menerapkan analisis logika (logical framework analysis) lainnya dalam memetakan masalah dan mengembangkan solusi-solusi alternatif sebagai jawaban atas masalah.

Pembelajaran electrical avionic dapat dilaksanakan di kelas, bengkel/workshop, kunjungan industri, mengundang guru tamu dari praktisi/industri/alumni, praktik kerja lapangan, serta informasi melalui media digital. Pembelajaran yang sesuai dengan pendidikan vokasi, dilakukan secara interaktif, aktif, inspiratif, menyenangkan, dan memotivasi peserta didik, dengan pendekatan contextual learning, cooperative learning, maupun individual learning.

Model pembelajaran menggunakan Project-based Learning atau Problem-based Learning. Metode pembelajaran dengan ceramah, diskusi, observasi, bermain peran, demonstrasi, simulasi, atau praktik yang disesuaikan dengan karakteristik materi dan sarana prasarana, sehingga dapat menumbuhkan kreativitas dan kemampuan dalam menganalisis permasalahan yang muncul dan memberikan kebermaknaan bagi peserta didik.

Mata Pelajaran ini diharapkan dapat memberikan bekal landasan kuat bagi peserta didik meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang antara lain adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan inovatif, berdasarkan aturan atau regulasi yang berlaku.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Electrical Avionicbertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan (hard skills), dan sikap (soft skills) melalui proses pembelajaran yang menerapkan Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH), budaya kerja industri, serta prinsip-prinsip dasar perawatan dan perbaikan Electrical Avionic pesawat udara sebagai berikut:
1. memahami aircraft electronic;
2. menerapkan digital microprocessor;
3. memahami aircraft electrical;
4. memahami aircraft instruments;
5. memahami aircraft system; dan
6. menerapkan maintenance practice.

Karakteristik

Hakikat mata pelajaran Electrical Avionicberfokus pada penguasaan kemampuan tingkat menengah dan lanjut yang harus dimiliki oleh tenaga operator atau support teknisi, dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja di bidang electrical avionic pesawat udara. Selain itu, peserta didik diberikan pemahaman dan keterampilan tentang perkembangan teknologi dan peluang usaha lain yang terkait dengan ilmu dasar electrical avionic. Mata pelajaran ini membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi tentang electrical avionic.
Mata Pelajaran Electrical Avionic memiliki elemen-elemen sebagai berikut.