Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Interior Kapal dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Interior Kapal SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Interior Kapal selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Interior Kapal adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi yang dapat membekali peserta didik tentang keahlian di bidang interior kapal. Peserta didik dapat melaksanakan satu tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan, serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang dasar interior kapal.

Mata pelajaran ini berada pada fase F, merupakan mata pelajaran tingkat lanjut sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari cara mendesain serta membuat bermacam-macam ruang kapal beserta kelengkapan penunjangnya. Dengan demikian, kapal dapat dioperasionalkan sebagaimana mestinya, dan semua awak kapal dapat melaksanakan kegiatan selama berlayar dengan maksimal. Peserta didik pada fase F diharapkan memiliki landasan pengetahuan dan keterampilan tentang interior kapal, dan mampu menerapkan Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH) serta dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi interior kapal.

Mata pelajaran ini menggunakan pendekatan pembelajaran yang fleksibel, dapat menggunakan metode teacher centered atau student centered. Namun demikian, dalam proses pembelajaran di kelas guru diharapkan agar lebih menekankan pada metodestudent centered dengan harapan peserta didik lebih terdorong untuk mengerjakan sesuatu guna mendapatkan pengalaman yang akan selalu diingat. Pendekatan pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Interior Kapal lebih menekankan pada pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Pendekatan pembelajaran ini lebih mengaitkan pada materi pembelajaran sesuai dengan dunia nyata. Kegiatan berkomunikasi dan berinteraksi dengan para alumni, mendatangkan guru tamu dari industri, mencari secara aktif informasi melalui media digital, melakukan kunjungan ke galangan kapal secara langsung untuk melihat dari dekat pekerjaan interior kapal serta melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) merupakan nilai tambah bagi peserta didik untuk mendapat tambahan keterampilan sesuai kompetensinya, serta dapat menambah keterampilan untuk bekerja sama dengan pihak-pihak lain.

Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik yang memiliki keahlian (hard skills), soft skills dan berkarakter pada bidang interior kapal sehingga menjadi warga yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Interior Kapal bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat memahami:
1. konsep dasar perkapalan;
2. desain interior kapal dengan perangkat lunak CAD;
3. mesin kerja kayu;
4. pembuatan perabot dan elemen bangunan kapal;
5. pekerjaan interior kapal; dan
6. pekerjaan pelapisan permukaan.

Karakteristik

Mata pelajaran Interior Kapal berfokus pada kompetensi tingkat menengah dan lanjut (advance) yang harus dimiliki oleh tenaga operator, teknisi dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja di bidang interior kapal. Selain itu, peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, job profile dan peluang usaha di bidang interior kapal serta kesempatan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mata pelajaran ini membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi tentang interior kapal.
Mata pelajaran Interior Kapal memiliki elemen sebagai berikut.