Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Layanan Perbankan dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Layanan Perbankan SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Layanan Perbankan selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Layanan Perbankan merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi tentang jasa atau pelayanan perbankan, yang meliputi kegiatan awal hari, melakukan transaksi dengan nasabah, memberikan informasi produk dan jasa bank, menangani keluhan nasabah, membuka dan memelihara rekening nasabah, melakukan proses akhir hari, serta pengoperasian aplikasi komputer akuntansi yang terkait dengan pelayanan perbankan yang dibutuhkan.

Mata pelajaran ini berfungsi untuk menumbuhkembangkan minat dan bakat peserta didik dalam memahami prinsip dan konsep pengelolaan kas, memberikan layanan perbankan terstandar, memahami konsep dan prinsip akuntansi perbankan dan keuangan mikro, mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi, serta menerapkan perpajakan. Berbekal sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dipelajari pada mata pelajaran Layanan Perbankan peserta didik akan dapat bekerja pada dunia kerja perbankan sesuai dengan jenjang yang dikuasainya, serta dapat berwirausaha dan/atau melanjutkan pendidikan sesuai dengan kejuruannya.

Pembelajaran mata pelajaran ini dapat menggunakan berbagai pendekatan, strategi, model, dan metode yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi inisiatif, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana (passion), serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik.

Model-model pembelajaran yang dapat digunakan, antara lain Project-based Learning, Problem-based Learning, Discovery Learning, Teaching Factory, atau model lainnya, serta metode yang dapat digunakan, di antaranya studi kasus, demonstrasi, bermain peran, diskusi, atau metode lainnya yang relevan.

Mata pelajaran ini berkontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai staf pelayanan perbankan yang terintegrasi dengan perkembangan teknologi (teller, customer service bank), staf administrasi keuangan, staf perpajakan, funding sales, teknisi akuntansi junior atau pekerjaan lainnya yang memiliki akhlak mulia, berintegritas tinggi, mampu berkomunikasi, bernegosiasi, mampu bekerja-sama dalam tim, menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, serta kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran ini bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan (soft skills dan hard skills), yang meliputi:
1. memahami ekonomi bisnis dan administrasi umum;
2. memahami pengelolaan kas;
3. menerapkan layanan lembaga perbankan dan keuangan mikro;
4. menerapkan akuntansi perbankan dan keuangan mikro;
5. mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi di dunia perbankan; dan
6. menerapkan perpajakan.

Karakteristik

Mata pelajaran ini memiliki karakteristik, antara lain membutuhkan nalar dan pemikiran yang mendalam; bersifat hierarkis, di mana setiap materi memiliki keterkaitan dan harus dikuasai secara mendetail oleh peserta didik; membutuhkan ketelitian, ketekunan, dan kesabaran dalam menyelesaikan materi pembelajaran.
Mata pelajaran ini terdiri atas 6 (enam) elemen sebagai berikut.