Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Mekanisasi Pertanian dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Mekanisasi Pertanian SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Mekanisasi Pertanian selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata pelajaran Mekanisasi Pertanian berisi kompetensi-kompetensi terkait penguasaan keahlian dalam melakukan persiapan, pengoperasian perawatan dan perbaikan alat mesin pertanian serta melaksanakan workshop alat mesin pertanian. Mata pelajaran ini dilengkapi dengan konsep serta implementasi alat mesin pertanian, alat mesin pasca panen hasil pertanian, pengukuran dan pemetaan lahan pertanian, irigasi dan drainase, workshop alat mesin pertanian, serta konstruksi bangunan pertanian dan electrical. Mata pelajaran Mekanisasi Pertanian berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki bekal yang cukup untuk masuk ke dalam dunia kerja dan menjadi wirausahawan bidang pertanian sesuai perkembangan teknologi.

Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran kejuruan pada kurikulum merdeka yang dipelajari di fase F. Sebelum mempelajari mata pelajaran ini diharapkan peserta didik telah menuntaskan mata pelajaran Dasar-dasar Usaha Pertanian Terpadu, sehingga peserta didik dapat mengimplementasikan seluruh capaian dengan lebih optimal. Peserta didik dibekali kemampuan melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran, melalui berbagai aktivitas proses secara saintifik. Peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan menemukan nilai-nilai baru secara mandiri.

Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. Pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran berbasis projek (project-based learning), discovery learning, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), atau inquiry learning serta metode pembelajaran antara lain ceramah, tanya jawab, diskusi, observasi, peragaan atau demonstrasi yang dipilih berdasarkan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran. Penilaian meliputi aspek pengetahuan melalui tes dan non-tes, aspek sikap melalui observasi, catatan kejadian menonjol (anecdotal record), penilaian antar teman, dan penilaian diri serta aspek keterampilan melalui penilaian proses, produk, portofolio dan studi kasus. Pembelajaran mata pelajaran ini dapat dilakukan dengan sistem blok disesuaikan dengan karakteristik materi yang dipelajari.

Mata pelajaran ini juga turut berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang Agribisnis dan Agriteknologi, meningkatkan kemandirian, bekerja sama, kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk memberikan solusi permasalahan terkait mekanisasi pertanian secara khusus serta permasalahan kehidupan, sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) sesuai kualifikasi lulusan yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan, melalui pembelajaran sebagai berikut:
1. melakukan persiapan, pengoperasian, perawatan dan perbaikan alat mesin pertanian;
2. melakukan persiapan, pengoperasian, perawatan dan perbaikan alat mesin pasca panen hasil pertanian;
3. melakukan persiapan, penggunaan, perawatan, pengukuran, dan pemetaan lahan pertanian;
4. menerapkan teknik irigasi dan drainase;
5. melakukan pekerjaan workshop alat mesin pertanian; dan
6. mengembangkan konstruksi bangunan pertanian dan elektrikal.

Karakteristik

Mata pelajaran ini memiliki elemen materi sebagai berikut: Alat mesin pertanian, alat mesin pasca panen hasil pertanian, pengukuran dan pemetaan lahan pertanian, irigasi dan drainase, workshop alat mesin pertanian, konstruksi bangunan pertanian dan elektrikal.

Kemampuan-kemampuan tersebut di atas disusun sebagai elemen-elemen pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan persyaratan yang ada di dunia kerja sektor Mekanisasi Pertanian dan persyaratan standar kompetensi yang relevan, serta sesuai Skema Sertifikasi KKNI Level II. Elemen dan deskripsi elemen pada mata pelajaran Mekanisasi Pertanian adalah sebagai berikut.