Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Perhotelan dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Perhotelan SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Perhotelan selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Perhotelan merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi perhotelan pada konsentrasi keahlian Perhotelan. Mata pelajaran Perhotelan mempelajari berbagai kompetensi pada front office, housekeeping, serta food and beverages service. Pada setiap kompetensi yang ada pada mata pelajaran Perhotelan berisi pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki peserta didik. Kompetensi peserta didik konsentrasi keahlian Perhotelan, antara lain memiliki keterampilan melaksanakan tugas menyediakan layanan Front Office seperti layanan reservasi, layanan porter, layanan akomodasi reception, memberikan layanan melalui telepon, memberikan informasi yang dibutuhkan tamu. Kompetensi di bidang housekeeping seperti memiliki keterampilan untuk melaksanakan pembersihan public area secara benar, pembersihan dan penataan kamar, penanganan laundry, dan penyediaan rangkaian bunga. Kompetensi pelayanan makanan dan minuman terdiri dari menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman, menyediakan room service, kebersihan peralatan makan dan minum.

Mata pelajaran Perhotelan bermanfaat untuk: a) sarana pembelajaran yang kontekstual sesuai dengan perkembangan teknologi dan dinamika layanan yang digunakan di industri perhotelan, b) memberikan pengalaman belajar peserta didik sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh dunia kerja, c) membangun dan menerapkan budaya dunia kerja bagi peserta didik, d) sebagai sarana kegiatan usaha bagi peserta didik, e) mengembangkan kreativitas dan inovasi bagi peserta didik, f) menyiapkan peserta didik untuk mendapatkan pengakuan dalam bentuk sertifikat kompetensi, dan g) menerapkan produktivitas/kinerja dari dunia kerja.

Perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan tujuan yang dicapai. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan berbagai model pembelajaran berbasis projek, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran inquiry, dan pembelajaran discovery serta teaching factory yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Mata pelajaran Perhotelan menyiapkan peserta didik untuk memiliki sikap profesional, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh peserta didik yang akan bekerja sebagai hotelier, melanjutkan sesuai keahliannya, dan/atau sebagai wirausaha sesuai bidangnya. Mata pelajaran ini mengembangkan profil pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif, serta memilki budaya kerja yang baik.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Perhotelan bertujuan membekali peserta didik dengan kemampuan softskills dan hardskills yaitu kemampuan minimal berbahasa Inggris dan bahasa asing pilihan lainnya, pelayanan prima, menjaga kebersihan dan hospitality melalui proses pembelajaran:
1. menerapkan dan melakukan tugas operasional Kantor Depan Hotel (Front Office);
2. menerapkan dan melakukan tugas operasional Tata Graha dan Binatu (Housekeeping and Laundry); dan
3. menerapkan dan melakukan tugas operasional Pelayanan Makanan dan Minuman (Food and Beverage Service).

Karakteristik

Mata pelajaran Perhotelan merupakan jabaran dari kompetensi fungsional untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki perilaku (softskills), pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang tepat dalam bidang perhotelan. Mata pelajaran perhotelan mengembangkan kemampuan peserta didik menerapkan cara melaksanakan layanan Front Office, Housekeeping dan Laundry, serta Food and Beverage Service, untuk menguatkan renjana (passion), visi (vision), imajinasi, dan kreativitas. Elemen yang terdapat pada mata pelajaran perhotelan dijelaskan pada tabel berikut.