Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Kecantikan Kulit dan Rambut adalah mata pelajaran yang mempelajari kompetensi yang mendasari penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Beautician, Hairdresser, Make-up Artist, dan Therapist yang profesional. Mata pelajaran ini mengenalkan spesifikasi dan karakteristik pengetahuan bidang kecantikan kulit dan rambut dengan perkembangan teknologi yang mengacu pada kebutuhan industri dan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan dan senantiasa berupaya untuk mengembangkan kompetensinya sesuai perkembangan teknologi pada perkembangan dunia kecantikan, baik dalam tren mode, peralatan yang digunakan ataupun metode dalam perawatan kecantikan kulit dan rambut. Kecantikan kulit dan rambut merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi penguasaan teknik perawatan wajah, perawatan tangan, kaki dan nail art, rias wajah, penambahan bulu mata (eyelash extention), penataan sanggul tradisional, modern dan kreatif, pemangkasan rambut dan penataan, pengeritingan dan pelurusan rambut, pewarnaan rambut, pemasaran dan penjualan jasa pada usaha kecantikan, yang merupakan kesatuan kegiatan pekerjaan yang meliputi penguasaan perencanaan dan pelaksanaan kerja bagi peserta didik. Untuk mendalami industri kecantikan kulit dan rambut dan industri kreatif bidang kecantikan seperti Influencer, Beauty Blogger, dan Make-up Freelancer, dengan memiliki Profile Entrepreneur, sehingga dapat menciptakan peluang usaha dan pekerjaan/profesi pelayanan jasa kecantikan kulit dan rambut, memiliki kemampuan tahapan operasional perawatan kecantikan kulit dan rambut dengan menerapkan prosedur operasional standar (POS) industri kecantikan secara menyeluruh dengan pelayanan prima, kemampuan komunikasi secara langsung (tatap muka) maupun secara tidak langsung melalui teknologi komunikasi (telepon, email, dan situs jejaring sosial), memiliki sikap kerja dan berkemampuan dalam pemasaran dan konsultasi digital.

Mata pelajaran ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat mengembangkan softskills dan hardskills di fase F. Kompetensi kecantikan kulit dan rambut mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik secara optimal untuk menjadi hairdresser dan beautician yang kompeten dalam menghadapi tantangan perubahan zaman, menunjang pengembangan diri melalui jalur studi, pengembangan karir dan bekerja di bidang kecantikan kulit dan rambut.

Setiap materi pada Kecantikan Kulit dan Rambut mengajarkan tahapan-tahapan penguasaan softskills dan hardskills dengan model Pembelajaran Berbasis Projek (Project-based Learning), Discovery Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning), Inquiry Learning, yang sesuai dengan tujuan atau indikator pembelajaran. Pembelajaran Kecantikan Kulit dan Rambut disampaikan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dapat juga dengan cara peserta didik bekerja secara mandiri dan kerja kelompok menggunakan metode observasi, demonstrasi, dan unjuk kerja (praktik). Pembelajaran dapat dilaksanakan dengan sistem blok disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari.

Mata pelajaran ini menyiapkan peserta didik memiliki perilaku, pengetahuan, dan keterampilan yang berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan peserta didik menjadi warga negara yang dapat membentuk karakter profil pelajar Pancasila secara holistik memegang teguh iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif, mandiri, gotong royong dan kebinekaan global, dengan memiliki budaya kerja yang baik untuk menjadi sumber daya manusia yang kompeten menghadapi tantangan perubahan zaman secara global.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Kecantikan Kulit dan Rambut bertujuan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan softskills dan hardskills melalui proses pembelajaran:
1. menerapkan sanitasi dan higiene serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di ruang praktik kecantikan kulit dan rambut;
2. menerapkan pengetahuan anatomi dan gizi untuk perawatan kecantikan kulit dan rambut;
3. melakukan persiapan kerja di ruang praktik kecantikan;
4. melakukan konsultasi dan analisis pada pelanggan berdasarkan karakteristik pelanggan sesuai dengan pelayanan yang akan dilakukan;
5. melakukan pelayanan perawatan wajah;
6. melakukan perawatan tangan, kaki, dan nail art;
7. melakukan rias wajah;
8. melakukan penambahan bulu mata (eyelash extension);
9. melakukan penataan sanggul tradisional, modern dan kreatif;
10. melakukan pemangkasan dan penataan rambut (hair cutting dan styling);
11. melakukan pengeritingan dan pelurusan rambut (hair texturing);
12. melakukan pewarnaan rambut (hair coloring) dengan berbagai teknik;
13. melakukan pemasaran dan penjualan jasa pada usaha kecantikan;
14. memiliki sikap dan etos kerja yang baik, kreatif, disiplin dan bernalar kritis dalam melakukan pelayanan kecantikan kulit, dan rambut; dan
15. melakukan kerja lapangan secara profesional.

Karakteristik

Mata pelajaran ini merupakan kompetensi utama yang menekankan pada aspek-aspek softskills yang berkaitan dengan tanggung jawab terhadap lingkungan dan diri pribadi, taat dalam penerapan kebijakan serta prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di ruang praktik kecantikan kulit dan rambut, teliti terhadap persiapan kerja secara keseluruhan baik persiapan area kerja, alat, bahan, lenan, kosmetika, pribadi dan pelanggan dengan menerapkan Prosedur Operasional Standar (POS) industri kecantikan, sopan dalam melakukan pelayanan terhadap pelanggan, tepat dalam menerapkan pengetahuan anatomi kulit, otot dan rangka wajah dalam merencanakan dan menentukan untuk perawatan wajah, rias wajah, perawatan tangan, kaki dan nail art, penambahan bulu mata (eyelash extension), pemangkasan dan penataan, pengeritingan dan pelurusan, penataan sanggul, dan pewarnaan rambut.
Sedangkan untuk kompetensi pada aspek-aspek hardskills yang berkaitan dengan tepat menentukan dan melakukan proses kerja meliputi; 1) perawatan wajah, 2) rias wajah, 3) perawatan tangan, kaki, dan nail art, 4) penambahan bulu mata (eyelash extension), 5) pemangkasan dan penataan rambut (hair cutting dan styling), 6) pengeritingan dan pelurusan, 7) penataan sanggul tradisional modern dan kreatif, 8) pewarnaan rambut sesuai ketentuan, waktu, urutan bahan/produk kosmetik yang direncanakan, disiplin dalam melakukan pengemasan setelah melakukan proses pekerjaan, 9) pemasaran dan penjualan jasa usaha kecantikan dengan cermat, teliti dan aktif dalam mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan, menentukan strategi pemasaran untuk bisnis kecantikan, memantau dan meningkatkan pemasaran jasa pada usaha kecantikan.
Adapun aspek-aspek yang dipelajari terdiri dari 9 (sembilan) elemen adalah sebagai berikut.