Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Elektronika Industri dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Elektronika Industri SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Elektronika Industri selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Teknik Elektronika Industri adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi yang harus dimiliki peserta didik sebagai tenaga operator, teknisi dan jabatan lain pada bidang Teknik Elektronika Industri. Selain itu, mata pelajaran ini juga dapat menjadi bekal bagi peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, ataupun berwirausaha sesuai kompetensinya.

Mata pelajaran ini berada pada fase F, dilaksanakan pada jenjang SMK 3 tahun, yakni pada fase F. Mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran yang tergolong muatan kejuruan, kelompok mata pelajaran kemampuan teknis spesifik pada kelompok materi khusus. Satuan kompetensi mata pelajaran ini mengacu pada skema KKNI Level II pada Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri. Mata pelajaran ini dilaksanakan secara berkesinambungan pada fase F dengan susunan materi pelajaran sesuai dengan alur tujuan pembelajaran.

Pembelajaran Teknik Elektronika Industri dapat dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik yang berorientasi pada peserta didik dengan berbagai model dan metode pembelajaran aktif dan menyenangkan sehingga peserta didik secara aktif mengeksplorasi dan mengembangkan potensinya dengan optimal. Penilaian pembelajaran dapat dilaksanakan melalui penilaian otentik untuk melihat seberapa jauh tingkat kemampuan dan keterampilan peserta didik dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu. Selain itu, diharapkan dapat tercipta situasi belajar yang kondusif untuk menumbuhkan dan mendorong semangat belajar peserta didik.

Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk lulusan SMK yang memiliki keahlian pada bidang Teknik Elektronika Industri yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan memiliki keterampilan untuk meningkatkan kompetensinya agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi teknis (hard skills) dan nonteknis (soft skills). Untuk menunjang kompetensi nonteknis (soft skills) dan kewirausahaan, pada proses pembelajarannya, peserta didik wajib menerapkan K3, sikap kerja/budaya kerja industri, proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, job profile dan peluang usaha bidang elektronika industri, antara lain berisi pengetahuan dan keterampilan sebagai berikut:
1. memahami penerapan rangkaian elektronika;
2. memahami sistem kendali elektronik;
3. memahami pemrograman sistem embedded;
4. memahami antarmuka dan komunikasi data;
5. memahami sistem kendali industri; dan
6. memahami pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika industri.

Karakteristik

Mata pelajaran ini berpusat pada kompetensi yang harus dimiliki peserta didik sebagai tenaga operator, teknisi dan jabatan lain sesuai dengan standar kualifikasi industri yang tertuang pada skema KKNI Level II Kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri yang sesuai dengan standar isi, berisi kompetensi teknis (hard skills) yang spesifik pada ruang lingkup pengoperasian dan pemeliharaan peralatan elektromekanik, kelistrikan, kontrol elektronik, pneumatik dan hidrolik, serta sistem pengendalian elektronik. Mata pelajaran ini membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi tentang Teknik Elektronika Industri.
Mata Pelajaran ini memiliki elemen-elemen sebagai berikut.