Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Energi Biomassa dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Energi Biomassa SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Energi Biomassa selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata Pelajaran Teknik Energi Biomassa berisi kompetensi-kompetensi berhubungan dengan pekerjaan bidang pengelolaan energi biomassa. Elemen mata pelajaran ini terdiri dari Reaktor Biogas, Instalasi Bahan Bakar Nabati, Instalasi Termokimia Biomassa dan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg), Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lindungan Lingkungan (K3LL), dan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2). Mata pelajaran ini berisi materi esensial yang dalam pelaksanaannya dapat ditambah atau diperdalam oleh guru sesuai kondisi lingkungan dan perkembangan teknologi.

Mata pelajaran ini memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap yang merupakan lanjutan dari pembelajaran dasar fase E. Mata pelajaran ini memuat kompetensi profesional untuk mempersiapkan tamatan SMK menjadi pekerja seperti operator dan wirausaha di bidang industri energi biomassa. Wirausaha di bidang biogas, misalnya jasa perakitan dan pemasangan instalasi biogas, serta penjualan hasil proses biogas seperti Bio-Compressed Natural Gas (BioCNG), pupuk, dan lain-lain. Sedangkan wirausaha di bidang termokimia biomassa, misalnya penjualan hasil proses unit pirolisis seperti asap cair dan biobriket. Selain itu tamatan memiliki peluang melanjutkan pendidikan sesuai jurusannya. Dokumen Capaian Pembelajaran mata pelajaran ini menjadi dasar untuk penyusunan tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan bahan ajar.

Mata pelajaran ini mengajarkan tahapan-tahapan hard skills dan soft skills dimana pembelajaran materinya dapat disampaikan dengan pendekatan saintifik, sedangkan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), discovery learning, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), atau inquiry learning serta metode pembelajaran seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, observasi, peragaan atau demonstrasi dapat dipilih berdasarkan karakteristik materi. Kegiatan pembelajaran ini dapat dilaksanakan dalam bentuk teori dan praktik di sekolah, kunjungan industri, praktek kerja lapangan, dan bentuk kegiatan pembelajaran lain yang mampu dilaksanakan sekolah untuk mengembangkan kompetensi secara utuh dan mendalam. Apabila SMK telah membangun kerjasama dengan institusi pasangan secara intensif, pembelajaran dapat dilakukan melalui proyek kerjasama dengan dunia kerja dan atau pembelajaran teaching factory. Dalam mewujudkan capaian pembelajaran, sekolah hendaknya menerapkan strategi pengembangan SMK ā€œ8+iā€ secara efektif. Pada awal pembelajaran, peserta didik dikenalkan pada prosedur operasi yang berhubungan dengan semua kegiatan dalam bidang energi biomassa termasuk menerapkan praktik kerja aman yaitu Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lindungan Lingkungan (K3LL) dan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2). Pembelajaran Teknik Energi Biomassa dapat dilakukan secara sistem blok (block system) disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari. Untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam mempelajari Teknik Energi Biomassa, dapat dilakukan aktivitas seperti pembelajaran di kelas dan di bengkel/lapangan, mengerjakan projek, berinteraksi dengan alumni yang sudah berkarir dan praktisi industri, berkunjung ke industri yang relevan, dan pencarian informasi melalui media digital.

Mata pelajaran ini dapat memberikan kontribusi dalam membentuk peserta didik menjadi masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, komunikatif dan adaptif terhadap lingkungan.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran ini bertujuan membekali peserta didik agar memiliki kemampuan dalam bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga peserta didik mampu:
1. merakit, memasang, menguji dan mengisi Reaktor Biogas;
2. mengoperasikan dan memelihara Instalasi Bahan Bakar Nabati;
3. mengoperasikan dan memelihara Instalasi Termokimia Biomassa; dan
4. mengoperasikan dan memelihara Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg).

Karakteristik

Mata Pelajaran ini membangun soft skills dan hard skills yang meliputi proses bisnis menyeluruh dalam industri bidang energi biomassa. Mata pelajaran ini merupakan pembelajaran yang bersifat multidisiplin. Pendalaman lebih lanjut diantaranya mempelajari materi-materi perakitan, pemasangan, pengujian, pengoperasian dan pemeliharaan dalam pengelolaan energinya. Pembelajaran Teknik Energi Biomassa selalu terkait dengan perkembangan teknologi dan kegiatan praktik baik di kelas maupun di bengkel/lapangan.
Mata pelajaran ini terdiri atas elemen-elemen sebagai berikut.