Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Kimia Industri SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Kimia Industri selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata pelajaran Teknik Kimia Industri adalah mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan beberapa kompetensi penguasaan keahlian di bidang teknik kimia industri.Peserta didik melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan metode, prosedur, dan peralatan yang lazim digunakan pada proses produksi di industri kimia serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut.

Mata pelajaran ini berada pada fase F, merupakan pendalaman dan tingkat lanjut bagi peserta didik dalam memahami isu-isu penting terkait dengan teknologi manufaktur dan rekayasa di bidang teknik kimia industri.

Pembelajaran mata pelajaran Teknik Kimia Industri dapat disampaikan dengan beberapa metode pembelajaran. Metode-metode pembelajaran tersebut dapat dilakukan antara lain pembelajaran di kelas, pembelajaran di laboratorium, pembelajaran dengan projek, interaksi alumni atau praktisi industri, berkunjung pada industri yang relevan, maupun pembelajaran mandiri melalui literatur-literatur yang relevan. Pelaksanaan pembelajaran tidak terbatas hanya menggunakan ceramah, tanya jawab, dan diskusi, namun dapat juga dilaksanakan dengan observasi, peragaan/demonstrasi, serta model Pembelajaran Berbasis Projek (Project-based Learning), Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning), inquiry learning, maupun model pembelajaran lain yang sesuai dengan karakteristik materi. Pembelajaran mata pelajaran Teknik Kimia Industri dapat dilaksanakan dengan sistem blok atau disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari.

Mata pelajaran Teknik Kimia Industri berkontribusi dalam membentuk kompetensi (hard skills), soft skills, dan karakter peserta didik di bidang kimia industri untuk menjadi warga yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan inovatif.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Teknik Kimia Industri bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, sikap (hard skills dan soft skills) dan menerapkan prosedur K3 serta budaya kerja (5R) dalam setiap kegiatan yang dilakukan melalui proses pembelajaran sebagai berikut:
1. memahami penerapan asas teknik kimia di bidang kimia industri;
2. memahami penerapan operasi teknik kimia di bidang kimia industri;
3. memahami berbagai macam proses industri;
4. memahami sistem pengendalian proses di industri kimia;
5. memahami penerapan pengolahan limbah di industri kimia; dan
6. menerapkan sikap kerja yang sesuai di bidang kimia industri.

Karakteristik

Pada hakikatnya mata pelajaran Teknik Kimia Industri berfokus pada kompetensi tingkat menengah dan lanjut (advance) yang harus dimiliki oleh tenaga operator dan jabatan lain sesuai dengan perkembangan dunia kerja di bidang kimia industri. Mata pelajaran ini membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi tentang teknik kimia industri.
Mata pelajaran Teknik Kimia Industri memiliki beberapa elemen sebagai berikut.