Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Dan Perumahan dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Konstruksi Dan Perumahan SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Dan Perumahan selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Konstruksi dan perumahan adalah kegiatan pembangunan perumahan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan konstruksi. Aktivitas kegiatan tersebut berulang dengan mengembangkan dan memperhatikan fasilitas sosial dan lingkungan supaya berfungsi secara maksimal. Konstruksi dan perumahan merupakan satu kesatuan dalam memenuhi kebutuhan dan kenyamanan bagi penghuninya. Mata pelajaran Teknik Konstruksi dan Perumahan merupakan pelajaran pendalaman dari mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Perumahan yang telah dipelajari di kelas X pada Fase E.

Teknik Konstruksi dan Perumahan merupakan mata pelajaran kejuruan yang meliputi penerapan K3LH dan budaya kerja industri dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi dan perumahan yang meliputi pekerjaan batu, pekerjaan beton, pekerjaan plumbing, pekerjaan rangka atap, pekerjaan plafon, pekerjaan kusen pintu dan jendela, pekerjaa daun pintu dan daun jendela, pekerjaan finishing, dan estimasi biaya konstruksi dan perumahan, serta memahami jenis-jenis kontrak konstruksi dan sistem pembayaran pelaksanaan konstruksi.

Pendekatan pembelajaran Teknik Konstruksi dan Perumahan disampaikan melalui berbagai model pembelajaran, antara lain: model pembelajaran Project-based Learning (PjBL), Problem-based Learning (PBL), dan model pembelajaran lainnya yang dipilih berdasarkan tujuan dan karakteristik materi pembelajaran, untuk memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration).

Mata pelajaran Teknik Konstruksi dan Perumahan berkontribusi dalam memampukan peserta didik menjadi warga negara yang menguasai keahlian teknik konstruksi dan perumahan yang dapat mengejawantahkan profil pelajar Pancasila, khususnya kemampuan bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan peduli terhadap lingkungan.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Teknik Konstruksi dan Perumahan bertujuan membekali peserta didik dengan soft skills dan hard skills pada Fase F sebagai berikut:
1. membuat perencanaan konstruksi perumahan;
2. melaksanakan pekerjaan konstruksi perumahan;
3. melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan pekerjaan konstruksi perumahan; dan
4. menyusun administrasi pekerjaan konstruksi, menganalisis estimasi biaya pekerjaan konstruksi perumahan, dan memahami jenis-jenis kontrak konstruksi dan sistem pembayaran pelaksanaan konstruksi.

Karakteristik

Mata pelajaran Teknik Konstruksi dan Perumahan berisi materi pembelajaran tentang kompetensi lanjut penerapan K3LH dan budaya kerja industri dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi dan perumahan yang meliputi pekerjaan batu, pekerjaan beton, pekerjaan plumbing, pekerjaan rangka atap, pekerjaan plafon, pekerjaan kusen pintu dan jendela, pekerjaan daun pintu dan daun jendela, pekerjaan finishing, dan estimasi biaya konstruksi dan perumahan, serta memahami jenis-jenis kontrak konstruksi dan sistem pembayaran pelaksanaan konstruksi. Mata pelajaran Teknik Konstruksi dan Perumahan merupakan mata pelajaran pendalaman dan perluasan dari Dasar-dasar Kejuruan Teknik Konstruksi dan Perumahan.