Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Jalan Dan Jembatan dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Konstruksi Jalan Dan Jembatan SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Konstruksi Jalan Dan Jembatan selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Konstruksi jalan dan jembatan adalah serangkaian kegiatan pekerjaan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, serta evaluasi kegiatan konstruksi pada proyek bangunan sipil, khususnya konstruksi jalan dan jembatan. Kemampuan mengoptimalkan pekerjaan sesuai spesifikasi teknis pada pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan sangat dibutuhkan dalam implementasi konstruksi agar dapat menghasilkan fasilitas umum yang nyaman dan berguna bagi masyarakat.

Konsentrasi Keahlian Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan, merupakan salah satu pilihan pendalaman dan perluasan dari Dasar-dasar Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil, yang berisi berbagai pembelajaran kejuruan yang terdiri atas berbagai ilmu dan keterampilan, sehingga membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, sikap, dan passion (renjana). Keseluruhan pembelajaran sebagai satu kesatuan diharapkan menghasilkan penguasaan dan kemampuan menerapkannya dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan sehingga akan menjadi utuh sebagai sebuah kompetensi tentang konstruksi jalan dan jembatan setelah peserta didik menyelesaikan pendidikannya.

Konsentrasi Keahlian Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan berfungsi untuk menumbuhkembangkan profesionalitas dan kebanggaan pada peserta didik dalam keahlian Konstruksi Jalan dan Jembatan, melalui kemampuan dalam melaksanakan pengukuran dan survei topografi jalan dan jembatan, mampu menggambar konstruksi jalan dan jembatan, mampu menghitung estimasi biaya pekerjaan, mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan, serta mampu menyusun presentasi desain konstruksi jalan dan jembatan.

Pembelajaran Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, serta perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Model-model pembelajaran yang dapat digunakan, antara lain Project-based Learning, Problem-based Learning, atau model pembelajaran lainnya yang relevan.

Di samping itu, pembelajaran Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan didesain agar berkontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai perencana atau pelaksana pada pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan, memampukan peserta didik menjadi warga negara yang memegang teguh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar, kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan adaptif terhadap lingkungan hidup.

Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan secara keseluruhan bertujuan membekali peserta didik dengan kompetensi hard skills dan soft skills sebagai berikut:
1. mampu melaksanakan pengukuran dan survei topografi, menghitung dan menggambar hasil pengukuran;
2. mampu menggambar bagian-bagian konstruksi jalan dan jembatan dengan perangkat lunak gambar 2D yang relevan dengan dunia kerja;
3. mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan konstruksi jalan;
4. mampu merencanakan dan melaksanakan pekerjaan konstruksi jembatan sederhana, yaitu jembatan bentang pendek, yang menggunakan pondasi batu kali;
5. mampu menghitung estimasi biaya konstruksi jalan dan jembatan; dan
6. mampu membuat visualisasi desain 3D konstruksi jalan dan jembatan sederhana dalam bentuk video animasi yang informatif, dengan perangkat lunak yang relevan dengan dunia kerja.

Karakteristik

Mata pelajaran Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan merupakan materi pembelajaran lanjutan dari Dasar-dasar Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil, dengan pendalaman dan perluasan dalam pemahaman setiap materinya yang dituangkan pada pengukuran dan survei topografi jalan dan jembatan, gambar konstruksi jalan dan jembatan, estimasi biaya konstruksi jalan dan jembatan, perencanaan dan pelaksanaan konstruksi jalan dan jembatan, serta presentasi desain konstruksi jalan dan jembatan.