Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Mekatronika dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Mekatronika SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Mekatronika selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata Pelajaran Teknik Mekatronika adalah mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi penguasaan keahlian Teknik Mekatronika, yaitu melaksanakan tugas spesifik berkaitan dengan bidang mekanikal, bidang elektrikal serta pemrograman utamanya untuk keperluan industri manufaktur dan rekayasa.

Mata pelajaran ini merupakan tingkat lanjut bagi peserta didik dalam memahami isu-isu penting terkait dengan teknologi manufaktur dan rekayasa serta memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan program keahlian Teknik Elektronika yang lebih khusus dan terarah sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata pelajaran ini membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang teknik Mekatronika dengan kemungkinan jabatan yang diemban sebagai operator atau teknisi pada tingkat menengah dan lanjut untuk pengoperasian, perawatan dan perbaikan peralatan/mesin-mesin khususnya pada industri manufaktur dan rekayasa, atau jabatan lain yang masih relevan. Mata pelajaran ini berkontribusi dalam meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah.

Penyampaian mata pelajaran ini dapat dilakukan menggunakan pendekatan Pembelajaran Berbasis Projek (Project-based Learning) yang dalam pelaksanaannya memungkinkan untuk secara kolaboratif dengan mata pelajaran atau program keahlian lainnya, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara kohesif, secara penilaian dapat menjadi kompak (compact) terintegrasi, menarik, dan menyenangkan yang selain menguatkan sisi skill juga akan berdampak pada terbangunya soft skill selama pelaksanaan pembelajaran, atau Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning), atau Inquiry Learning serta metode inovatif lainya yang sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran. Penilaian meliputi aspek pengetahuan, aspek sikap, serta aspek keterampilan. Pembelajaran mata pelajaran ini dapat dilakukan secara sistem blok disesuaikan dengan karakteristik elemen materi yang dipelajari.

Penguasaan kemampuan teknik Mekatronika akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, gotong royong (kerja tim), kreatif, dan inovatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran ini bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills) sebagai berikut:
1. memahami konsep sistem kontrol, rangkaian kontrol elektronika dan instalasi sistem kontrol motor listrik;
2. memahami Sistem mekatronika berbasis Computer-Aided Engineering (CAE);
3. memahami Sistem Robotic;
4. memahami Perawatan dan Perbaikan Sistem Mekanikal; dan
5. memahami Perawatan dan Perbaikan Sistem Elektrikal.

Karakteristik

Mata pelajaran ini fokus pada kompetensi lanjutan dari mata pelajaran dasar-dasar teknik elektronika yaitu untuk pengoperasian, perawatan dan perbaikan bidang mekanikal, elektrikal serta pemrograman sesuai dengan kebutuhan industri manufaktur dan rekayasa, meliputi didalamnya Teknik Kontrol Mekatronika, Sistem mekatronika berbasis Computer-Aided Engineering (CAE), dan Sistem Robotic. Mata pelajaran ini membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi tentang Teknik Mekatronika.
Mata pelajaran ini memiliki elemen-elemen sebagai berikut.