Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Pemboran Minyak Dan Gas dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Pemboran Minyak Dan Gas SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Pemboran Minyak Dan Gas selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata Pelajaran Teknik Pemboran Minyak dan Gas berkaitan dengan pekerjaan pemboran pada pertambangan minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. Mata pelajaran ini mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) meliputi persiapan dalam pemboran, mobilisasi/demobilisasi, rig-up/rig-down, operasi peralatan pemboran, penurunan pipa selubung (casing), dan problem-problem pemboran. Mata pelajaran ini berisi materi esensial yang dalam pelaksanaannya dapat ditambah atau diperdalam oleh guru sesuai kondisi lingkungan dan perkembangan teknologi.

Mata pelajaran ini diberikan pada fase F berfungsi untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap agar tamatan dapat bekerja, melanjutkan atau wirausaha. Mata pelajaran ini merupakan lanjutan dari mata pelajaran dasar program keahlian dan perlu didukung oleh mata pelajaran kelompok umum dan kejuruan lainnya. Dokumen Capaian Pembelajaran ini menjadi sebagai dasar penyusunan menyusun tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan bahan ajar.

Mata pelajaran ini mempelajari kompetensi soft skills dan hard skills menggunakan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pembelajaran dapat menggunakan berbagai model pembelajaran berbasis projek (project-based learning), discovery learning, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), atau inquiry learning yang dipilih berdasarkan karakteristik materi. Pembelajaran Teknik Perminyakan dapat dilakukan secara sistem blok (block system) disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari. Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai bentuk strategi pembelajaran dapat mendukung pembelajaran teori praktek di sekolah. Dokumen capaian pembelajaran mata pelajaran ini digunakan sebagai dasar menyusun tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan bahan ajar.

Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada konsentrasi Teknik Pemboran Minyak dan Gas, dan menumbuhkan serta membentuk sikap peserta didik yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif melalui pendekatan pembelajaran dan model-model pembelajaran seperti yang diuraikan pada paragraf sebelumnya. Sehingga akan meningkatkan kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali pengetahuan, keterampilan dan sikap meliputi:
1. melaksanakan persiapan dalam pemboran;
2. melaksanakan mobilisasi / demobilisasi, rig-up/rig-down;
3. mengoperasikan peralatan pemboran meliputi sistem angkat, sistem putar, sistem sirkulasi, dan sistem pencegah sembur liar;
4. melaksanakan penurunan rangkaian pipa selubung; dan
5. mengidentifikasi problem-problem pemboran.

Karakteristik

Kekhasan mata pelajaran ini dituntut memiliki pengetahuan tentang keselamatan kerja karena menggunakan teknologi dan resiko tinggi serta penguasaan POS pekerjaan yang akan dilakukan.

Mata Pelajaran ini merupakan fondasi dari pengetahuan dan keterampilan pada bidang pemboran minyak dan gas, pembelajaran pada mata pelajaran ini dilakukan melalui: pembelajaran di kelas, pembelajaran di laboratorium dan lapangan pemboran minyak dan Gas, berinteraksi dengan alumni yang sudah berkarir dan praktisi industri, praktik kerja lapangan, berkunjung ke lapangan pemboran, pencarian informasi melalui media digital.