Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Pengolahan Minyak, Gas, Dan Petrokimia dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Pengolahan Minyak, Gas, Dan Petrokimia SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Pengolahan Minyak, Gas, Dan Petrokimia selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata pelajaran Teknik Pengolahan Minyak, Gas, dan Petrokimia merupakan kompetensi profesional bidang perminyakan. Kompetensi mata pelajaran ini meliputi operasi crude distilling unit, vacuum unit, start up dan shut down pemurnian dan pencairan gas bumi, pengambilan sampel, pengujian mutu produk BBM, blending produk migas dan penanganan bahaya Hidrogen Sulfida (H2S) dengan memperhatikan K3LL. Mata pelajaran ini berisi materi esensial yang dalam pelaksanaannya dapat ditambah atau diperdalam oleh guru sesuai kondisi lingkungan dan perkembangan teknologi.

Mata pelajaran ini merupakan lanjutan dari mata pelajaran dasar program keahlian Teknik Perminyakan dan harus didukung oleh mata pelajaran kelompok umum dan kejuruan. Mata pelajaran ini merupakan kompetensi profesional untuk membekali tamatan menjadi pekerja pada bidang pengolahan minyak, gas dan petrokimia, misalnya: operator crude distilling unit, operator vacuum distilling unit, petugas pengambilan contoh minyak bumi, petugas pengukuran level tangki atau sebagai wirausaha sesuai bidangnya. Selain itu tamatan memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan sesuai kejuruannya. Dokumen CP mata pelajaran ini sebagai dasar menyusun tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan bahan ajar.

Pelaksanaan pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran berbasis projek (project-based learning), discovery learning, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), atau inquiry learning yang dipilih berdasarkan karakteristik materi. Pembelajaran pada mata pelajaran ini dapat dilakukan secara sistem blok disesuaikan dengan karakteristik elemen yang dipelajari. Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagai bentuk strategi pembelajaran dapat dilakukan dengan teori praktik di sekolah dan praktik di industri. Apabila SMK telah membangun kerjasama dengan institusi pasangan secara intensif, pembelajaran dapat dilakukan melalui projek kerja sama dengan dunia kerja dan atau pembelajaran teaching factory. Dalam mewujudkan capaian pembelajaran, sekolah hendaknya menerapkan strategi pengembangan SMK yaitu ā€œ8+iā€ secara efektif.

Mata pelajaran ini berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang teknik pengolahan minyak, gas dan petrokimia, meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah. Penguasaan kemampuan teknik pengolahan minyak, gas, dan petrokimia akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan.

Tujuan Pembelajaran

Mata Pelajaran ini bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap meliputi:
1. mengoperasikan Crude Distilling Unit pengolahan minyak bumi;
2. mengoperasikan Vacuum Distilling Unit;
3. mengoperasikan proses pengolahan gas bumi;
4. melakukan pengolahan petrokimia hulu;
5. melakukan sampling minyak bumi, gas bumi dan produk BBM;
6. melakukan pengendalian mutu dan jumlah bahan bakar minyak;
7. mengoperasikan blending produk migas; dan
8. melakukan penanganan bahaya gas H2S;

Karakteristik

Mata pelajaran ini merupakan fondasi dari pengetahuan dan keterampilan pada bidang pengolahan minyak dan gas bumi. Pembelajaran pada mata pelajaran ini tidak dapat dipisahkan dari tidak dapat dipisahkan dari laboratorium dan kilang. Penyelenggaraan pendidikan konsentrasi ini memerlukan kedekatan dengan lapangan kerja.
Mata pelajaran ini terdiri dari elemen-elemen berikut.