Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Perawatan Gedung dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Perawatan Gedung SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Perawatan Gedung selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Teknik Perawatan Gedung adalah kegiatan memperbaiki dan/atau mengganti bagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau prasarana dan sarana agar bangunan gedung tetap laik fungsi (currative maintenance), perawatan dilakukan setelah ada kerusakan atau masalah, baik pada tingkat ringan, sedang, maupun berat. Teknik perawatan gedung merupakan bidang yang memiliki peran besar dalam sektor infrastruktur dunia, karena gedung merupakan kebutuhan pokok suatu organisasi/kelompok dalam bekerja sehingga perlu adanya perawatan dan perbaikan secara rutin/berkala agar aktivitas dan kegiatan yang ada di dalamnya dapat berjalan dengan lancar dalam membangun dan memajukan negara.

Konsentrasi keahlian Teknik Perawatan Gedung merupakan program pembelajaran kejuruan yang direncanakan untuk membekali peserta didik guna pendalaman dan perluasan dari materi dasar kejuruan yang meliputi penguasaan pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan perawatan gedung, sistem utilitas bangunan gedung, perawatan dan perbaikan pekerjaan utilitas bangunan gedung, serta aspek-aspek perhitungan anggaran biaya serta rencana penjadwalan pekerjaan perawatan gedung.

Pendekatan pembelajaran Teknik Perawatan Gedung disampaikan melalui berbagai model pembelajaran, antara lain: model pembelajaran Project-based Learning (PjBL), Problem-based Learning (PBL), dan model pembelajaran lain yang dipilih berdasarkan tujuan dan karakteristik materi pembelajaran, untuk memfasilitasi peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration).

Mata pelajaran Teknik Perawatan Gedung berkontribusi dalam memampukan peserta didik menjadi warga negara yang menguasai keahlian teknik perawatan gedung yang dapat mengejawantahkan profil pelajar Pancasila dengan memegang teguh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemampuan bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong royong, dan peduli terhadap lingkungan.

Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran dalam konsentrasi keahlian Teknik Perawatan Gedung secara keseluruhan bertujuan membekali peserta didik dengan soft skills dan hard skills sebagai berikut:
1. menerapkan pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan perawatan gedung;
2. melaksanakan pekerjaan sistem utilitas bangunan gedung;
3. melaksanakan pekerjaan perawatan dan perbaikan pekerjaan utilitas bangunan gedung; dan
4. menyusun estimasi biaya pekerjaan perawatan gedung dan utilitas bangunan gedung.

Karakteristik

Pada hakikatnya mata pelajaran ini berfokus pada kompetensi bersifat dasar yang harus dimiliki oleh tenaga kerja dalam bidang perawatan gedung sesuai dengan perkembangan dunia kerja. Selain itu peserta didik diberikan pemahaman tentang proses bisnis, perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global, entrepreneur profile, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi.

Mata pelajaran Teknik Perawatan Gedung berisi materi pembelajaran tentang kemampuan berkelanjutan pekerjaan perawatan gedung yang meliputi pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan perawatan gedung, sistem utilitas bangunan gedung, teknik perawatan dan perbaikan utilitas bangunan gedung, serta estimasi biaya pekerjaan perawatan gedung dan utilitas bangunan gedung.