Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknik Transmisi Telekomunikasi dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknik Transmisi Telekomunikasi SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknik Transmisi Telekomunikasi selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata pelajaran Teknik Transmisi Telekomunikasi berisi kompetensi-kompetensi terkait penguasaan keahlian pengembangan teknologi teknik transmisi telekomunikasi. Mata pelajaran ini dilengkapi dengan konsep serta implementasi teknik transmisi telekomunikasi berbasis kabel serat optik dan radio serta aplikasinya dalam teknologi terkini. Mata pelajaran ini berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki bekal yang cukup untuk masuk ke dalam dunia kerja.

Peserta didik dibekali kemampuan melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran, melalui berbagai aktivitas proses saintifik sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah. Peserta didik diarahkan untuk memahami dan menerapkan aspek digital consumer behaviour melalui proses menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan menemukan nilai-nilai baru secara mandiri.

Mata pelajaran ini juga turut berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang transmisi telekomunikasi, meningkatkan lebih lanjut kemampuan berpikir komputasional, yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah untuk operasional dan pemeliharaan pada transmisi telekomunikasi serta memberikan solusi masalah yang dialami oleh pelanggan. Penguasaan kemampuan berpikir komputasional tersebut secara tidak langsung akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, serta kreatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Teknik Transmisi Telekomunikasi bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan (hard skills dan soft skills) sesuai kualifikasi lulusan yang diarahkan untuk mengembangkan kemampuan sebagai berikut:
1. memahami teknik kerja bengkel dan teknik kelistrikan;
2. memahami sistem komputer, elektronika dan mikrokontroler serta aplikasi pada sistem IoT;
3. memahami sistem operasi dan pemeliharaan jaringan transmisi kabel serat optik;
4. memahami sistem operasi dan pemeliharaan transmisi satelit meliputi space segment dan ground segment VSAT; dan
5. memahami sistem operasi dan pemeliharaan transmisi radio terestrial dan selular.

Karakteristik

Mata pelajaran Teknik Transmisi Telekomunikasi memiliki elemen materi sebagai berikut: Teknik Bengkel dan Kelistrikan, Sistem Komputer, Elektronika dan Mikroprosesor, Transmisi Kabel Serat Optik, Transmisi Satelit, serta Transmisi Radio Terestrial dan Seluler.
Elemen dan deskripsi mata pelajaran ini adalah sebagai berikut.