Programmable Search Engine requires JavaScript

JavaScript is either disabled or not supported by your browser. To use Programmable Search Engine, enable JavaScript by changing your browser options and reloading this page.

Capaian Pembelajaran Teknika Kapal Penangkap Ikan dan Contoh ATP Kejuruan SMK

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) Teknika Kapal Penangkap Ikan SD-SMA dalam kurikulum merdeka belajar berisi keterampilan yang harus diselesaikan peserta didik di setiap tahap. Capaian Pembelajaran Teknika Kapal Penangkap Ikan selanjutnya digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul Ajar

Rasional

Mata pelajaran Teknika Kapal Penangkap Ikan merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi yang wajib dimiliki peserta didik sesuai standar dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja bidang pelayaran kapal penangkap ikan baik nasional maupun internasional yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan Tingkat II (ATKAPIN II) dan sertifikat pendukung yang akan digunakan sebagai persyaratan dalam jenjang jabatan menjadi perwira mesin kapal yaitu kepala kamar mesin (Chief Engineer) pada kapal perikanan dengan kekuatan daya dorong mesin penggerak utama 100 - 300 Kilo Watt (KW) atau 134 - 402 Horse Power (HP).

Mata pelajaran ini lebih memfokuskan pada materi yang esensial dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari mata pelajaran konsentrasi keahlian sesuai minat, bakat, dan aspirasinya. Minimal mencantumkan hal-hal yang bersifat esensial, memberi peluang kepada satuan pendidikan untuk melakukan pengembangan sesuai dengan visi dan konteksnya.

Mata pelajaran ini disajikan dengan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari peserta didik untuk meningkatkan soft skills dan hard skills. Model-model yang digunakan antara lain model Pembelajaran Berbasis Projek (Project-based Learning), Discovery Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning), Inquiry Learning serta berbagai model atau metode pembelajaran lain yang relevan.

Mata pelajaran ini berkontribusi dalam penguatan peserta didik menjadi ahli pada bidang teknika, membekali untuk bernalar kritis, mandiri dan kreatif. Setelah mengikuti pembelajaran konsentrasi ini, peserta didik diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan dengan mengakui kebesaran Tuhan yang menciptakan bumi, laut dan seisinya serta makhluk hidup tumbuh dan berkembang bertebaran di laut, sehingga sekaligus akan menumbuhkan rasa ingin tahu, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kritis dan peduli lingkungan.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran Teknika Kapal Penangkap Ikan peserta didik diharapkan dapat:
1. mengoperasikan, merawat, dan memperbaiki motor diesel kapal penangkap ikan;
2. mengoperasikan, merawat, dan memperbaiki pesawat bantu kapal penangkap ikan;
3. mengoperasikan, merawat dan memperbaiki instalasi listrik penerangan dan tenaga listrik kapal penangkap ikan;
4. mengoperasikan, merawat dan memperbaiki instalasi sistem refrigerasi pada kapal penangkap ikan;
5. memahami ilmu bahan teknik, karakteristik bahan bakar dan pelumas;
6. mengoperasikan dan merawat sistem pengendalian dan otomatisasi peralatan kapal penangkap ikan;
7. mengatur dinas jaga dan pelaporan kegiatan jaga mesin;
8. melaksanakan perawatan dan perbaikan mesin kapal penangkap ikan;
9. memilih bahan dan mengoperasikan alat tangkap penangkap ikan;
10. menerapkan gambar teknik;
11. menggunakan dan merawat alat keselamatan kerja serta peralatan kerja bengkel; dan
12. melakukan kegiatan sebagai Kepala Kamar Mesin (Chief Engineer) sesuai standar dan ketentuan International Maritime Organization (IMO) 7.07.

Karakteristik

Mata pelajaran Teknika Kapal Penangkap Ikan terdiri atas 11 elemen sebagai berikut.