Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual – Materi, Tujuan , Strategi Pembelajaran

Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah mata pelajaran yang yang mendasari penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam membuat konsep dan produk desain secara manual dan digital sesuai dengan perkembangan teknologi yang mengacu pada kebutuhan dunia industri saat ini.
Mata pelajaran Dasar-dasar Desain komunikasi Visual berfungsi untuk membekali peserta didik dalam memahami dasar desain kreatif agar memiliki kepekaan estetika dalam penciptaan produk Desain komunikasi Visual.
Dasar-dasar Desain komunikasi Visual meliputi: kemampuan kreatif bereksplorasi nirmana dasar, menggambar sketsa, menggambar ilustrasi, menggambar bentuk, menggambar teknik, mengolah tipografi dan pengolah dasar perangkat lunak desain grafis.
Masing-masing materi tersebut mengajarkan tahapan-tahapan hardskiIl dan softskilI dengan pendekatan belajar project based Iearning akan menginternalisasikan bernalar kritis, kreatif, mandiri dan bergotong royong yang mudah dipahami dan diikuti
oleh peserta didik.

Ruang Lingkup Materi

Ruang lingkup materi  mengacu kepada SKKNI (Standar kompetensi kerja Nasional Indonesia) dengan perluasan dan pendalaman sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan lDUKA (Industri dan Dunia kerja). Mata Pelajaran Dasar-dasar Desain komunikasi Visual merupakan pondasi penguasaan kompetensi Desain komunikasi Visual. Dasar- dasar Desain komunikasi Visual memiliki kekhususan dalam penciptaan konsep dan karya Desain yang memiliki nilai estetika dan kreatif.
Proses pembelajaran Desain Komunikasi Visual menggunakan model pembelajaran fleksible dilakukan sesuai kebutuhan yang dapat dilaksanakan di dalam atau di luar kelas. Alur pembelajaran dimulai dari kemampuan nirmana dasar, menggambar sketsa, menggambar ilustrasi, menggambar bentuk, menggambar teknik, mengolah tipografi dan pengolah dasar perangkat lunak desain grafis.

Tujuan Pembelajaran

Mata pelajaran Desain Komunikasi Visual bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hardskill dan softskill) meliputi:
1.  Melaksanakan persyaratan k-3.
2.  Memahami  dan  mempresentasikan  dasar-dasar  Desain Komunikasi Visual.
3.  Mengolah nirmana dasar.
4.  Menerapkan proses gambar sketsa.
5.  Menerapkan proses gambar ilustrasi.
6.  Menerapkan proses gambar bentuk.
7.  Menerapkan proses gambar teknik.
8.  Mengolah tipografi.
9.  Mengoperasikan perangkat lunak desain grafis.

Strategi Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran meliputi metode (ceramah dan tanya jawab, diskusi, observasi, peragaan/demonstrasi, bermain peran, dsb) dan model pembelajaran (discovery learning, project-based learning, problem-based learning, inquiry learning, Pembelajaran Industri/Teaching factory (TEFA), dsb).

Media Pembelajaran

Media pembelajaran meliputi, bahan atau segala sumber daya yang digunakan untuk menyampaikan materi. Media pembelajaran Dasar-dasar Desain komunikasi Visual terdiri dari media cetak (buku, modul, handout, dsb), media audio visual (video, animasi, film, dsb), e-learning (e-book, PDF, e-pub, dsb) dan media internet (situs jejaring, halaman jejaring, dsb).

Download Buku Kejuruan Dasar Dasar DKV (Desain Komunikasi Visual)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *