Cara Gampang Daftar MyPertamina Buat Beli Pertalite dan Solar Subsidi

Pemerintah telah menetapkan bahwa mulai tanggal 1 Juli 2022 untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) yaitu Pertalite dan Subsidi Solar diwajibkan untuk mendaftarkan terlebih dahulu di aplikasi MyPertamina.

PT Pertamina (Persero) akan merealisasikan pembatasan pembelian BBM Pertalite dan Solar, dengan tujuan agar subsidi BMM lebih tepat sasaran. Bagi warga yang kendaraannya menggunakan dua jenis bahan bakar itu diimbau agar segera mendaftarkan diri di laman subsiditepat.mypertamina.id atau aplikasi MyPertamina mulai 1 Juli 2022.

Apa itu BBM Subsidi?

Merupakan BBM yang diberikan subsidi oleh Pemerintah menggunakan dana APBN, memiliki jumlah yang terbatas sesuai dengan kuota, harganya ditetapkan Pemerintah dan diperuntukan untuk konsumen pengguna tertentu. Jenis BBM yang termasuk BBM bersubsidi adalah Biosolar dan Pertalite.

Apa itu Aplikasi SubsidiTepat MyPertamina?

Aplikasi MyPertamina adalah aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Pertamina yang digunakan untuk melakukan pendataan dan verifikasi bagi warga yang berhak menerima subsidi BBM.

Masyarakat yang merasa berhak menerima subsidi ini diharapkan mendaftarkan kendaraannya melalui aplikasi tersebut, baik menggunakan aplikasi smartphone maupun website.

Jika Anda merasa sebagai warga yang layak untuk menerima subsidi ini, sebaiknya Anda segera mendaftarkan kendaraan Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah mendaftar MyPertamina

1. Siapkan syarat pendaftaran yang dibutuhkan
Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi, yaitu KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.
2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
Masukkan link https://subsiditepat.mypertamina.id/ di web browser Anda seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Microsoft Edge, atau web browser lainnya.
3. Centang informasi memahami persyaratan
Box persyaratan akan muncul, lalu centang semua informasi untuk melanjutkan.
4. Klik daftar sekarang
Klik tombol daftar sekarang dan ikuti instruksi dalam website tersebut.
5. Setelah mengisi data, tunggu konfirmasi
Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala.
6. Jika sudah terkonfirmasi, simpan QR code
Apabila sudah terkonfirmasi, untuk (download) QR dari website dan simpan untuk transaksi di SPBU Pertamina.

Uji coba pemberlakuan ini akan dilaksanakan di 11 kota dan kabupaten yang tersebar di 5 provinsi. Berikut ini daerah yang akan diberlakukan pembelian BMM melalui MyPertamina

Prov. Sumatra Barat: Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kab. Agam, dan Kab. Tanah Datar
Prov. Jawa Barat: Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya, dan Kab. Ciamis
Prov. Kalimantan Selatan: Kota Banjarmasin
Prov. DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta
Prov. Sulawesi Utara: Kota Manado

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *