Pengertian Artificial Intelligence dan Penerapannya

Pengertian Artificial Intelligence

Masyarakat pasti sudah pernah mendengar kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, tetapi banyak juga masyarakat yang tidak tahu apa itu kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan merupakan sebuah program komputer yang dirancang sedemikian rupa untuk mengikuti pola pikir dan juga tindakan manusia. 

Kalau dulu kecerdasan buatan hanya digunakan perusahaan-perusahaan besar saja tetapi sekarang kecerdasan buatan sudah digunakan secara bebas seperti ponsel. Selain itu teknologi ini juga sudah banyak diterapkan di kehidupan nyata, untuk tahu informasi mengenai teknologi ini bisa lihat ulasan berikut ini.

Artificial Intelligence atau biasa disebut kecerdasan buatan merupakan sistem komputer yang bisa melakukan semua tugas yang hanya bisa dilakukan jika ada kecerdasan manusia. Teknologi canggih ini bisa membuat sebuah keputusan dengan cara melakukan analisa terlebih dahulu dan menggunakan data yang sudah tersedia di sistem.

Proses yang terjadi di kecerdasan buatan mencakup beberapa hal seperti learning, self correction dan juga reasoning. Proses inilah yang membuat mirip dengan apa yang dilakukan manusia sebelum membuat sebuah keputusan. Untuk lebih memahami kecerdasan buatan ini bisa baca ulasan berikut.

Penerapan Teknologi Artificial Intelligence

Kalau dulu masih jarang sekali ada masyarakat yang menggunakan kecerdasan buatan karena sumber daya manusia belum bisa menyempurnakan teknologi ini. Tetapi sekarang teknologi ini sudah sempurna dan sudah diterapkan di kehidupan nyata untuk membantu masyarakat. Berikut ini adalah contoh penerapan dari teknologi tersebut.

  • Filter di Gmail

Kecerdasan buatan digunakan oleh Google untuk mengatur email yang masuk ke akun pengguna Gmail. Sistem ini bisa menganalisa email yang diterima ke dalam beberapa kategori, contohnya update, spam, forum dan juga promotion. Dengan adanya sistem ini pengguna jadi lebih mudah menemukan email yang penting.

  • Media Sosial

Selain digunakan di Gmail Artificial Intelligence juga digunakan di media sosial, sistem ini akan mempermudah pengguna media sosial saat mencari teman dan juga berkomunikasi dengan teman tersebut. Jika tidak menggunakan sistem ini maka pengguna akan mencari pengguna lain secara manual dan jelas itu sangatlah merepotkan pengguna medsos.

  • Chatbots

Sekarang chatbots juga sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan yaitu natural language processing. Kecerdasan buatan ini mampu menganalisa, memahami dan juga merespons semua pertanyaan dengan sangat cepat. Biasanya kecerdasan buatan ini digunakan untuk membantu menjalankan bisnis online.

Dulu mungkin sulit sekali menemukan chatbots karena masih banyak pemilik situs yang tidak tahu Artificial Intelligence. Tetapi sekarang sudah banyak situs yang memakai bantuan chatbots ini, dengan adanya chatbots tersebut semua chat yang dikirimkan pengunjung situs akan langsung dijawab secara otomatis.

  • Pencarian Google

AI atau Artificial Intelligence juga di pakai Google untuk membantu masyarakat yang sedang mencari informasi. Jadi kalau menggunakan Google untuk mencari informasi pasti akan muncul rekomendasi pencarian, rekomendasi tersebut muncul dikarenakan Google sudah memakai kecerdasan buatan.

  • Mobil Pintar

Salah satu contoh penerapan kecerdasan buatan yang mudah ditemukan adalah Mobil Pintar, mobil ini berbeda dengan jenis mobil lainnya karena sudah menggunakan chip yang berteknologi kecerdasan buatan. Chip ini bisa membuat mobil dapat menjalankan beberapa jenis sensor yang nantinya bisa menjalankan Radar untuk fitur auto pilot.

  • Virtual Reality

Virtual reality merupakan teknologi yang bisa membuat seseorang berinteraksi dengan objek hasil simulasi komputer secara nyata. Teknologi ini sudah di sandingkan Artificial Intelligence dengan sehingga fungsi dari teknologi tersebut menjadi lebih maksimal. Teknologi ini lebih sering digunakan di industri game, selain itu juga bisa ditemukan di berbagai bidang industri modern.

  • Kamera Smartphone

Salah satu bentuk penerapan yang paling sering digunakan masyarakat adalah kamera bokeh, kalau dulu kamera ini hanya bisa digunakan kalau sudah memakai kamera profesional. Tetapi sekarang tidak punya kamera profesional pun sudah bisa menggunakan kamera bokeh karena kamera ini sudah ada di smartphone. Penerapan kecerdasan buatanlah yang bisa membuat semua itu terjadi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.