Fiber Optic : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

Fiber optic merupakan jenis kabel yang sering sekali dijumpai pada proyek penggalian di jalan raya, biasanya perusahaan yang melakukan proyek tersebut adalah perusahaan operator telekomunikasi. Perusahaan lebih suka dengan kabel ini dikarenakan kabel ini bisa jadi bahan yang mengantarkan data secara cepat.

Pengertian Fiber Optic

Fiber Optic atau Serat optik adalah sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED.

Selain itu jenis kabel ini juga memiliki banyak sekali keunggulan dan juga sangat bermanfaat untuk kehidupan masyarakat khususnya di Indonesia. Kalau ingin tahu lebih dalam mengenai kabel ini sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk baca ulasan-ulasan berikut ini.

Susunan Fiber Optic

Secara garis besar kabel serat optik terdiri dari 2 bagian utama, yaitu cladding dan core.
Cladding adalah selubung dari inti (core). Cladding mempunyai indek bias lebih rendah dari pada core akan memantulkan kembali cahaya yang mengarah keluar dari core kembali kedalam core lagi.
Core yaitu bagian dari serat optik dimana cahaya melakukan perjalanan.

Jenis Fiber Optic

  1. Single-mode memiliki inti yang sangat sempit, hanya sepersepuluh dari diameter rambut manusia. Single-mode digunakan untuk mengirimkan data dengan jarak yang sangat jauh.
  2. Multi-mode memiliki inti yang lebih luas untuk membangkitkan dan memantulkan banyak sinyal di dalamnya. Multi-mode menggunakan lampu LED yang lebih murah dan lemah yang lebih cocok untuk jarak pendek.

Kelebihan Fiber Optic

  1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik
  2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi
  3. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
  4. Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api

Kekuarangan Fiber Optic

  1. Konstruksi serat optik cukup lemah, maka dalam pemakaiannya diperlukan lapisan penguat sebagai proteksi.
  2. Karakteristik transmisi dapat berubah bila terjadi tekanan dari luar yang berlebihan.
  3. Tidak dapat dilewati arus listrik, sehingga tidak dapat memberikan catuan pada pemasangan repeater.

Penggunaan Fiber Optik Di Berbagai Bidang

Kabel ini selain digunakan perusahaan telekomunikasi ternyata juga digunakan di berbagai bidang seperti militer dan juga bidang kesehatan. Jadi fungsi kabel ini bukan sekedar mengantarkan data saja tetapi ada fungsi-fungsi lainnya dan berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  • Bidang Militer

Pada industri militer kabel ini dimanfaatkan untuk menjadi alat komunikasi dan juga alat transfer sinyal. Selain itu kabel ini juga memiliki kemampuan untuk memberikan informasi suhu. Industri militer lebih suka dengan jenis kabel ini dikarenakan ukurannya kecil sehingga bobotnya lebih ringan.

  • Bidang Kesehatan

Selain di bidang militer ternyata bidang kesehatan menggunakan fiber optic untuk berbagai macam instrumen medis agar memberikan penerangan yang tepat. Serat kabel ini tidak akan mengalami interferensi elektromagnetik sehingga sangat cocok untuk berbagai macam pengujian seperti pemindaian MRI.

Keunggulan Kabel Fiber Optic

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan kabel ini dibandingkan jenis kabel lainnya, untuk alasannya adalah satu ini lebih unggul daripada jenis lain. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki kabel ini dan berikut penjelasan lengkap mengenai keunggulan tersebut.

  • Harganya Murah

Salah satu alasan utama kenapa banyak yang memilih menggunakan kabel ini karena harganya sangatlah terjangkau, tetapi untuk pemasangan kabel ini biayanya cukup mahal. Meskipun begitu kabel ini tetap menjadi yang nomor satu karena bisa bertahan sangat lama.

  • Lebih Aman Digunakan

Fiber optic sudah terbukti sangat aman digunakan sehingga tidak akan terjadi korsleting yang menyebabkan kebakaran. Kabel ini bisa aman digunakan karena terbuat dari bahan serat kaca yang tidak mudah terbakar.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.