Penggunaan Teknologi Barcode dalam Dunia Bisnis

Definisi Barcode

Ada banyak definisi barcode yang mana semua definisi tersebut merujuk pada satu hal yang sama. Berikut ini beberapa penjelasan tentang barcode yang sering dikenal.

  1. Barcode secara harfiah berarti kode berbentuk garis
  2. Sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis masing-masing ketebalan berbeda sesuai dengan isi kodenya.
  3. Informasi pada readable machine dalam format visual yang tercetak. Umumnya barcode berbentuk garis garis vertikal tipis tebal yang terpisah oleh jarak tertentu.
  4. Jenis kode yang mewakili data atau informasi tertentu biasanya jenis harga barang seperti makanan dan buku. Kode berbentuk batangan balok dan berwarna hitam putih ini mengandung satu kumpulan kombinasi batang yang berlainan ukuran yang disusun sedemikian rupa kode ini dicetak di atas kotak pembungkus makanan.

Manfaat Barcode

Berikut ini merupakan manfaat yang dapat diambil dari penggunaan barcode cara lain

  1. Akurasi
    Meningkatkan akurasi dengan mengurangi kesalahan manusia dari memasukkan data secara manual atau item yang salah baca atau salah label.
  2. Kemudahan pemakaian
    Barcode mudah digunakan. menggunakan hardware were yang tepat bisa memaksimalkan proses otomatisasi pengumpulan data. tentu lebih mudah membuat inventarisasi dengan sistem barcode dibanding dengan cara manual.
  3. Keseragaman pengumpulan data
    Beagam standar pemenuhan danĀ  simbol arcode yang terstandarisasi menjamin informasi yang disampaikan dengan cara yang benar sehingga bisa diterima dan dipahami secara umum.
  4. Feedback yang tepat waktu
    Barcode menawarkan feedback yang tepat waktu. Begitu muncul data bisa diterima dengan cepat sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan waktu terbaru.
  5. Keamanan
    Pada bisnis ritel seperti supermarket banyak pembeli nakal yang menukar harga produk harga dengan harga yang lebih murah. Kesalahan yang sama bisa terjadi pada saat menempel label pada saat kasir menghitung total belanja. Dengan menggunakan barcode, memungkinkan ini dapat ditekan.
  6. Meningkatkan produktivitas
    Barcode membuat aktivitas operasional dalam bisnis menjadi lebih singkat.
  7. Meningkatkan profit
    Peningkatan efisiensi yang diberikan barcode mungkinkan perusahaan menghemat biaya sehingga profit bisnis nya jadi meningkat

Penggunaan Teknologi Barcode

Setelah anda memahami pengertian dari teknologi barcode serta manfaatnya, tentu anda ingin mengetahui bagaimana teknologi tersebut dan dimanfaatkan dalam dunia bisnis.

Pada bagian ini khusus membahas bagaimana langkah-langkah penerapan sistem barcode dalam dunia bisnis, Bberapa diantaranya jenis usaha apa saja yang bisa menerapkan teknologi barcode ( walaupun sebenarnya semua jenis usaha tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan teknologi barcode tersebut), Bagaimana cara mendaftarkan teknologi barcode di negeri ini.

Jenis-jenis usaha yang menggunakan teknologi barcode

hampir semua jenis industri pada masa sekarang ini menggunakan teknologi barcode karena penggunaan sendiri sangat bermanfaat, sehingga perusahaan atau industri bisa meningkatkan profitnya.
berikut ini beberapa jenis industri atau perusahaan yang memanfaatkan serta menggunakan teknologi barcode

  1. Manufaktur
    banyak hal detail dalam operasional industri manufaktur perlu diawasi secara ketat. karena sedikit saja kesalahan komponen, semisal masalah stok barang, bisa menyebabkan inefisiensi. Dalam hal ini barcode sering digabungkan dengan sistem MRP atau Manufacturing Requirement Planning agar bisnis data yang akurat terutama dalam sistem kerja di pergudangan.
  2. Pergudangan
    Pihak yang menangani bagian pergudangan seharusnya menggunakan barcode. Jika anda harus mendata seluruh produk cara manual, bisa dibayangkan pekerjaan tersebut akan memakan waktu yang sangat lama.
  3. Jasa distribusi
    Jika perusahaan anda konsisten melakukan pengecekan barang sok atau keluar, sudah seharusnya Anda menggunakan barcode, karena dijamin lebih cepat dan akurat untuk mengetahui stok barang yang anda punya pada suatu waktu.
  4. Penjualan retail atau eceran
    Seperti yang sudah dicontohkan sebelumnya, seorang kasir harus melakukan pengecekan seluruh barang secara manual dengan mengetikkan setiap jenis barang beserta harganya.
    Peluang untuk membuat kesalahan tentu sangat besar. Perusahaan akan terancam bangkrut karena kurang teliti dan kurang akurat dari pegawainya dalam proses penginputan barang. Sekarang ini semuanya menuntut efisien yaitu efisiensi yang diciptakan dengan memanfaatkan barcode. Usaha jenis ini merupakan yang paling banyak menggunakan teknologi barcode.
  5. Transportasi
    Apa yang muncul dalam pikiran anda ketika berbicara tentang pengiriman paket tepat waktu?
    jawabannya tentu Fedex atau UPS.
    Mengapa?
    Karena kedua perusahaan tersebut sedang merajai bisnis pengiriman paket di dunia karena mereka membuat sistem pengangkutan barang lebih efektif. Kunci utama keberhasilan dan terletak pada pemanfaatan teknologi barcode. Lihat saja ketika mereka memasukkan data pada portable data Collector, tetap berkomunikasi melalui sistem database secara tepat waktu.

Sebetulnya masih banyak industri lain yang menggunakan barcode tidak terbatas pada industri konstruksi, bidang kesehatan, farmasi, instansi pemerintah dan swasta, security system, starter pack label, event organizer, maupun toko ritel, atau toko kelontong, tetapi juga kartu identitas, absensi, manajemen dokumen, dan lain-lain.

Memang setelah menggunakan sistem barcode ini perusahaan banyak merasakan manfaatnya seperti adanya peningkatan yang signifikan terhadap kualitas dan akurasi pengolahan data di bandeng sistem manual.

Anda pasti juga akan menggunakan teknologi barcode dalam bisnis Anda bukan?

 

sumber : Buku Implementasi Teknologi Barcode dalam Dunia Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *