Tips Menjalankan Usaha Agar Tetap Eksis Saat Corona

Wabah corona atau covid-19 yang menjangkit hampir di seluruh negara di dunia, tak terkecuali di Indonesia telah menimbulkan dampak yang cukup besar.

Kita memang tidak bisa menganggap remeh virus ini, karena pola penyebarannya yang begitu cepat dan masif.

Tanggal 2 Maret 2020 baru ditemukan 2 kasus di Indonesia, dua minggu kemudian angkanya sudah tembus 96. Bahkan setelah diterapkan rapid tes oleh pemerintah, per tanggal 26 Maret 2020, kasus melonjak menjadi 893.

Pemerintah mengambil langkah dengan menerapkan social distancing (pembatasan sosial) guna menangkal penyebaran Corona, sesuai dengan instruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mengacu pada Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesiasocial distancing atau pembatasan sosial adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah, terutama di wilayah yang diduga terinfeksi penyakit.

Diharapkan dengan melakukan pembatasan aktifitas ini, penyebaran virus dapat dicegah, sehingga mampu memutus rantai wabah Covid-19.

Pemerintah telah menghimbau untuk melakukan penutupan tempat-tempat umum, seperti sekolah, pertokoan, perkantoran, sekolah, dan tempat ibadah. Seluruh warga dihimbau untuk melakukan aktifitas dari rumah.

Pihak yang terpukul oleh dampak yang ditimbulkan oleh corona salah satunya adalah pengusaha kecil, seperti industi UMKM, pengusaha toko atau pemilik warung, yang kesehariannya mengandalkan pembeli datang ke tempatnya.

Bagaimana kiat agar bisnis Anda dapat bertahan di tengah badai Corona seperti sekarang ini.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai pelaku usaha agar usaha tetap bisa berjalan.

Tips #1 Manfaatkan sosial media untuk promosi warung dan toko Anda.

Penggunaan social media sebagai alat promosi sejauh ini bisa diandalkan.

Apalagi jika kita berada dalam kondisi seperti sekarang ini, yang mana sebagian besar orang akan banyak menghabiskan waktunya di rumah.

Sebagian besar orang yang takut atau tidak mau keluar rumah, biasanya lebih banyak menghabiskan waktunya di depan layar smartphone, seperti mengecek sosmed, menonton video dll. Jika ingin membeli sesuatu, seperti barang makanan, mereka memanfaatkan media online untuk melakukan pembelian.

Anda sebagai pelaku bisnis bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan promosi produk dan usaha Anda di sosial media, seperti facebook, instagram, twitter, atau whatsapp.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan :

  1. Siapkan gambar produk yang sudah didesain dengan bagus. Anda bisa memanfaatkan Microsoft power point untuk membuat desain gambar sederhana jika tidak mampu mengoperasikan software desain grafik.
  2. Buat kata-kata yang mampu mengajak orang untuk memesan produk Anda. Jika perlu sediakan diskon atau promo agar mampu menarik orang untuk membeli produk.
  3. Upload gambar yang sudah jadi tersebut, kemudian posting di social media milik Anda.
  4. Di facebook ada fitur marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan promosi Anda. Anda juga bisa upload di group-group jual beli di area sekitar Anda. Tapi ingat, lakukan dengan hati-hati, jangan terlalu sering karena facebook bisa saja mencurigai aktifitas Anda sebagai spam jika terlalu sering memposting.
  5. Anda bisa mengupload di status WA atau instagram story agar lebih banyak orang yang melihat.

Jika Anda memiliki pertemanan yang banyak di Facebook dan Instagram, Anda bisa memposting produk Anda melalui status atau di story sehingga banyak orang yang akan melihat.

Jika ada orang yang tertarik untuk memesan, Anda bisa memanfaatkan jasa antar layanan seperti gojek atau grab, atau karyawan Anda sendiri yang mengantar.

Tps #2 Terima pembelian pesan antar untuk mengurangi pelanggan keluar rumah.

Anda bisa menyediakan layanan antar pesanan untuk mengurangi pelanggan keluar rumah. Karyawan yang masih bersedia masuk kerja bisa tetap Anda berikan aktifitas untuk mengantar pesanan.

Sistem pembayaran bisa diterapakan secara COD jika jarak antar pelanggan cukup terjangkau.

Jika tak mampu menyediakan layanan antar sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa kurir yang ada.

Tips #3 Manfaatkan media toko online untuk memudahkan pemesanan barang.

Di era digital sekarang ini, penggunaan toko online sangat penting. Selain untuk mendongkar penjualan, website toko online juga digunakan sebagai sarana branding usaha Anda. Ini sangat penting jika Anda ingin mengiklankan bisnis Anda melalui platform facebook ads atau google ads.

Jika Anda belum punya toko online, untuk sementara bisa anda gunakan mdia gratisan, seperti blogspot untuk membuat toko online.

Namun apabila sudah memiliki dana yang cukup, sebainya gunakan layanan berbayar dengan membeli domain dan hosting, sehingga akan tampak lebih profesional dan terpercaya.

Tips #4 Yakinkan pelanggan anda bahwa staf karyawan bebas corona dengan melengkapi alat kesehatan masker ketika mengantar barang

Keyakinan pelanggan sangat penting dibangun untuk menjaga kredibilitas bisnis Anda.

Salah satunya adalah dengan menetapkan standar kesehatan bagi karyawan Anda. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kita.

Pelanggan tidak akan takut atau khawatir dengan bisnis dan layanan kita karena kita sudah membuat protokol untuk menjaga kesehatan bagi karyawan agar tidak terkena corona.

Buatlah SOP yang harus dijalankan staf karyawan tentang usaha pencegahan virus corona, misalnya :

  1. Menyediakan hand sanitizer untuk karyawan
  2. Menggunakan sarung tangan untuk melakukan aktifitas pekerjaan
  3. Tidak lupa menggunakan masker saat mengantar barang
  4. Menjaga jarak saat berinteraksi dengan sesama karyawan atau pelanggan
  5. Anda bisa memfoto aktifitas staf Anda saat bekerja

Demikian tadi beberapa tips yang bisa diterapkan di usaha Anda agar bisnis Anda tetap produktif dan terus berjalan, sehingga tidak menghambat laju usaha Anda.

Dan kita semua pastinya selalu berharap agar wabah ini cepat berlalu.

This entry was posted in .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *