Pengertian Virtual Private Network (VPN) Beserta Penggunaannya

Pengertian Virtual Private Network (VPN)

VPN atau virtual private network merupakan layanan yang dapat dipakai pengguna untuk memasuki atau mengakses sebuah situs melalui server lain. Jadi kesimpulannya layanan ini bisa menghubungkan perangkat seperti smartphone dan juga komputer ke perangkat lainnya yang berada di tempat berbeda.

Dulu layanan ini paling sering dipakai untuk melindungi data-data yang bersifat sensitif dan yang sering menggunakan hanyalah organisasi ataupun perusahaan besar. Tapi sekarang layanan tersebut sudah digunakan masyarakat umum untuk berbagai macam kebutuhan.

4 Fungsi Utama VPN

Dulu masih banyak masyarakat yang tidak tahu virtual private, masyarakat sampai tidak tahu layanan ini dikarenakan layanan tersebut tidak terlalu dibutuhkan. Tetapi sekarang karena ada undang-undang IT masyarakat jadi membutuhkan layanan satu ini. Ada beberapa fungsi layanan ini yang dapat menolong masyarakat dan berikut daftar fungsinya.

  • Mengamankan Enkripsi

Untuk bisa melihat data maka masyarakat akan membutuhkan sebuah kunci enkripsi, tanpa adanya kunci tersebut maka mustahil sebuah komputer bisa menguraikan data kalau ada kejadian brute force attack. Data bisa tetap aman kalau memakai layanan virtual ini, layanan ini dapat mengamankan kunci sehingga pihak luar tidak bisa melihat data pribadi milik pengguna perangkat.

  • Menyembunyikan Lokasi

VPN selain bisa mengenkripsi juga bisa membantu penggunanya yang tidak ingin lokasinya diketahui orang lain. Layanan ini bisa melakukan itu dikarenakan bisa menjadi proxy di internet. Jadi nantinya data demografi dari negara lain bisa menjadi lokasi pengguna internet sehingga orang lain tidak bisa melacak posisi pengguna internet. Dengan menggunakan VPN maka lokasi keberadaan seseorang tidak bisa dilacak.

  • Mentransfer Data

Layanan virtual ini juga sering sekali digunakan masyarakat untuk mengirimkan data, pengiriman data dengan layanan satu ini tidak perlu merasa takut karena data bisa terkirim dengan aman. Data bisa aman dikarenakan layanan ini menghubungkan layanan dengan server pribadi dan memakai metode enkripsi sehingga kebocoran data tidak terjadi.

  • Memperlancar Koneksi Internet

Masyarakat juga sering sekali memakai VPN untuk memperlancar koneksi internet, memang benar setelah pakai layanan tersebut koneksi jadi makin lancar. Hal tersebut dikarenakan layanan ini memakai jaringan pribadi sehingga tidak mengalami gangguan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.